Senin, 26 Februari 2018 |
News Room - Pendidikan - Pemerintahan

Antisipasi Sistem Titipan, Dindik Kota Tangerang Gandeng KPK Dalam PPDB Online

Jumat, 30 Jun 2017 | 16:03 WIB Dibaca: 806 Pengunjung

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang, Abduh Surachman.*

TANGERANG, [NEWSmedia] - Pada tahun 2017 ini, Dinas Pendidikan Kota Tangerang akan menerima pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) melalui sistem online untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP).

"Insya Allah kami sudah siap semuanya. Sudah mempersiapkannya dari jauh - jauh hari," ujar Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang, Abduh Surachman, Kamis (29/6/2017).

Rapat koordinasi dengan Unit Pelayanan Teknis dan Kepala Sekolah di wilayah Tangerang juga sudah dilaksanakan guna menyukseskan PPDB online pertama kali ini. "Jadwal simulasi PPDB SMP digelar pada 1 dan 2 Juli 2017," ucapnya.

Ia menjelaskan pendaftaran yang sudah memiliki NIK dan PIN dapat mendaftar di website PPDB Mandiri, aplikasi android, atau operator sekolah. Pendaftar juga dapat memilih dua sekolah yang menunjukan prioritas.

Website PPDB Mandiri yakni http://ppdbmandiri.tangerangkota.go.id atau melalui aplikasi android PPDBONLINE SMP.

"Nantinya server akan memproses berdasarkan nilai, umur, dan urutan pendaftar. Pendaftar akan diproses dan diseleksi serta dinyatakan diterima atau tidak diterimanya," kata Abduh.

Abduh menerangkan untuk jadwal PPDB secara resmi dilakukan melalui dua gelombang. Gelombang 1 pada tanggal 6,7,8 Juli 2017. Sedangkan gelombang 2 pada tanggal 13 Juli 2017.

"Untuk hasilnya diumumkan gelombang 1 tanggal 10 Juli dan gelombang 2 yaitu 14 Juli," ungkapnya.

Ia menyatakan pihaknya dibantu oleh Dinas Kominfo dalam hal pengoperasian sistem. Hal ini dilakukan agar penerimaan sistem baru lebih transparan dan akuntabel.

"Untuk menjaga pelaksanaannya lebih akuntabel kami minta pendampingan oleh KPK. Karena selama ini disusupi dengan sistem titipan dan diharapkan dengan adanya online ini tidak ada seperti itu lagi," papar Abduh. [red/wtn]

Penulis: Red/wtn
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Antisipasi Sistem Titipan, Dindik Kota Tangerang Gandeng KPK Dalam PPDB Online
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top