Senin, 27 Mei 2019 |
News Room - Pemerintahan

Antisipasi Gejolak Harga Pangan, Pemprov Banten Bentuk Satgas

Rabu, 17 Mei 2017 | 18:25 WIB Dibaca: 637 Pengunjung

ilustrasi.*

SERANG, [NEWSmedia] - Pemerintah Provinsi Banten membentuk Satuan Tugas (Satgas) Pangan menjelang Ramadhan dan Lebaran tahun ini, sebagai antisipasi munculnya spekulan dan kartel yang berpotensi mengganggu stabilitas komoditas pangan.

Satgas Pangan sendiri berada dibawah naungam Polda Banten atas instruksi Kapolri dengan tugas pokok untuk memantau stabilitas harga sembako dan pangan.

"Untuk menghadapi bulan suci Ramadan masyarakat harus tenang. Dalam arti makannya harus tenang dan harga bahan pokok juga harus stabil. Maka kami juga membentuk Satgas pangan," ujar Assda II Provinsi Banten, Ino S Rawita, di Kantor Dinas Badan Koordinasi Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Provinsi Banten, Rabu (17/5/2017).

Sementara itu, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten, Budiharto Setyawan menjelaskan, menjelang bulan suci Ramadan, perkembangan perekonomian memang ditafsirkan akan jauh lebih tinggi, dengan terjadinya kenaikan harga pada komoditas tertentu, seperti komoditas pangan, tarif angkutan dan tarif pulsa.

"Maka dari itu kita harus mewaspadai komoditas apa saja yang akan mengalami kenaikan harga, kita siapkan masing-masing TPID di Provinsi baik Kabupaten dan Kota. Kita akan lakukan operasi pasar, sidak dan pemantauan barang berbahaya yang tidak layak konsumsi," terangnya

Ditempat yang sama, Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Banten, Agoes Soebeno menegaskan, masyarakat tidak perlu khawatir dengan kelangkaan komoditas pangan di Banten, walaupun akan ada kenaikan pada komoditas tertentu, namun tidak ada kelangkaan bahkan akan tetap tersedia.

"Memang siklusnya setiap menjelang puasa dan lebaran kondisi harga barang meningkat dan itu juga berdampak dengan inflasi naik, namun jangan terlalu tinggi. Maka dari itu sebelum terlalu tinggi, kita lakukan antisipasi agar tidak keduluan dari pedagang dan kita bentuk satgas pangan ini," tegasnya. [Ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Antisipasi Gejolak Harga Pangan, Pemprov Banten Bentuk Satgas
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top