Jumat, 07 Agustus 2020 |
News Room

Angka Kemiskinan di Banten Naik 0,9 Persen

Jumat, 29 Sept 2017 | 19:02 WIB Dibaca: 779 Pengunjung

Kepala BPS Provinsi Banten, Agoes Soebono di Aula Diskominfo, Statistik dan Persandian Provinsi Banten, Jumat (29/9/2017).

SERANG, [NEWSmedia] - Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Banten merilis data kemiskinan yang ada di Provinsi Banten. Dari September 2016 sampai Maret 2017, angka kemiskinan di Banten meningkat sebesar 0,9 persen.

Demikian hal tersebut diungkapkan oleh Kepala BPS Provinsi Banten, Agoes Soebono saat Ekspose Data Strategis BPS di Aula Diskominfo, Statistik dan Persandian Provinsi Banten, Jumat (29/9/2017).

"Dari September 2016 sampai Maret 2017, naik 0,9 persen, dari sekitar 5,36 persen menjadi 5,54 persen," kata Agoes kepada awak media.

Ia menjelaskan, selain diakibatkan oleh inflasi dan kenaikan harga komoditi pangan, faktor lain yang menjadi penyebab meningkatnya kemiskinan di Banten adalah akses pendidikan yang kurang.

"Bahkan orang baduy engga boleh sekolah, kalau sekolah, mereka dikeluarin dari Baduy, kalau engga sekolah gimana kerjanya, paling-paling pekerja kasar, kalau pekerja kasar pasti pendapatan kecil, kalau pendapatan kecil, bagaimana bisa menuntaskan kemiskinan," jelasnya.

Ia mengungkapkan, dari delapan kota/ kabupaten di Banten, angka kemiskinan tertinggi ada di Kabupaten Pandeglang dengan presentase 9,67 persen, kemudian disusul oleh Kabupaten Lebak sebanyak 8,71 persen dan Kota Serang 5,58 persen.

"Tapi kita juga apresiasi Kota Tangsel, angka kemiskinannya paling rendah di seluruh Indonesia, karena di sana penduduk baru dan kotanya juga baru, jadi orang miskinnya sedikit," ungkapnya.

Selain itu, ia juga menegaskan, untuk mengatasi kemiskinan di Banten, harus ada sinkronisasi program, baik dari pemerintah kota/ kabupaten, pemerintah provinsi dan juga pemerintah pusat.

"Jadi programnya itu harus jelas dan harus tepat sasaran," pungkasnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Angka Kemiskinan di Banten Naik 0,9 Persen
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top