Sabtu, 20 Juli 2019 |
News Room - Pemerintahan

Anggota DPR Andika Hazrumy Janji Perjuangkan Kuota Haji untuk Lebak

Selasa, 30 Agt 2016 | 11:24 WIB Dibaca: 704 Pengunjung

Anggota DPR RI dari dapil I (Pandeglang-Lebak), Andika Hazrumy dan Hasby

LEBAK, [NEWSmedia] – Anggota DPR RI dari Fraksi Golkar, Andika Hazrumy berjanji akan memperjuangkan kuota haji di wilayah Kabupaten Lebak sebesar 10 persen dari jumlah penduduk Kabupaten Lebak sebanyak 1,3 juta jiwa. Upaya tersebut menyusul daftar tunggu calon jemaah haji (calhaj) Kabupaten Lebak saat ini masih mencapai 8.847 orang.

Demikian hal tersebut diutarakan Andika Hazrumy saat hadir dalam pelepasan jemaah haji Kabupaten Lebak di Pendopo Bupati Lebak, Selasa (30/8/2016). Andika hadir dalam kapasitas sebagai anggota DPR RI dari Dapil Banten I (Pandeglang-Lebak).

“Dari ratusan calon jemaah haji itu, tidak sedikit berusia sepuh. Jika harus menunggu dalam waktu yang lama, kasihan kan,” tutur Andika Hazrumy kepada wartawan, usai acara pelepasan jemaah haji.

Andika menjelaskan, skema yang akan dilakukan untuk memperjuangkan penambahan kuota haji untuk daerah di DPR  yaitu melakukan pembahasan di Fraksi Golkar DPR RI, dan selanjutnya akan dibawa ke Komisi VIII yang membidangi urusan keagamaan dan haji.

“Perjuangannya sudah harus mengena pada sistem informasi haji terpadu (Siskohat-red). Selain menambah jumlah, perbankan juga supaya bisa menggunakan sistem online, sebagaimana keinginan Bupati Lebak Ibu Iti Oktavia Jayabaya,”  kata Andika, seraya mengatakan akan segera memfasilitasi Pemerintah Kabupaten Lebak dengan Dirjen Keimigrasian terkait usulan kebutuhan kuota haji.

Muchamad Hasby Asyidiki Jayabaya, Anggota DPR RI dari Fraksi PDIP yang juga hadir dalam pelepasan jemaah haji Kabupaten Lebak, juga memberi perhatian terhadap disparitas kuota haji di kabupaten/kota. “Kami akan segera menindaklanjuti sesuai dengan skema dan teknis sebagaimana penjelasan Aa Andika Hazrumy,” kata Hasby.

Sementara itu, Bupati Lebak, Iti Oktavia Jayabaya meminta Andika Hazrumy dan Muchamad Hasby Asyidiki Jayabaya selaku anggota DPR RI agar memperjuangkan kuota haji Kabupaten Lebak yang dinilai masih jauh dari harapan. Selain keterbatasan fasilitas perbankan, ia juga mengungkapkan Siskohat haji belum didukung dengan sistem online.

“Makanya saya undang bapak-bapak anggota DPR RI ini agar memperjuangkan kuota haji, supaya tidak terlalu muncul disparitas antara kabupaten/kota di Banten. Kemudian, jangan sampai Lebak terlalu ketinggalan dengan daerah lain, seperti Cilegon dan Serang yang fasilitas perbankannya lebih memadai,” tuturnya.

Diketahui, pada hari ini ada sebanyak 321 dari 326 jemaah haji asal Kabupaten Lebak yang dilepas untuk berangkat ke tanah suci. Sisanya sebanyak 5 jemaah, rencananya diberangkatkan pada 4 September 2016. Wakil Bupati Lebak Ade Sumardi juga ikut dalam melepas calon haji tersebut. [NM-02]

Publisher: newsmedia.co.id
Bagikan:

KOMENTAR

Anggota DPR Andika Hazrumy Janji Perjuangkan Kuota Haji untuk Lebak
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top