Jumat, 22 Juni 2018 |
News Room

Andika, Satu-satunya Ketua Karang Taruna di Indonesia yang Kepala Daerah

Rabu, 29 Nov 2017 | 19:33 WIB Dibaca: 463 Pengunjung

Ketua Karang Taruna Provinsi Banten, Andika Hazrumy yang juga sebagai Wakil Gubernur Banten, di Aula Gedung DPRD Kota Cilegon, Rabu (29/11/2017).*

CILEGON, [NEWSmedia] - Ketua Karang Taruna Provinsi Banten, Andika Hazrumy memotivasi peserta pelatihan budidaya lele Karang Taruna Kota Cilegon yang digelar di aula gedung DPRD Kota Cilegon, Rabu (29/11/2017).

Motivasi tersebut disampaikan Andika saat memberikan sambutan dengan mengungkapkan bahwa hanya di Provinsi Banten, Ketua Karang Taruna berhasil menduduki posisi sebagai kepala daerah, yakni sebagai Wakil Gubernur Banten.

“Dari 34 provinsi di seluruh Indonesia, hanya di Banten yang Ketua Karang Taruna-nya wakil gubernur. Ini harus jadi pemicu kader Karang Taruna di Banten untuk terus mengibarkan panji-panji organisasi ini,” kata Andika disambut gemuruh tepuk tangan peserta pelatihan yang hadir.

Andika mengatakan, jika posisinya saat ini sebagai kepala daerah di Banten, bisa menjadi satu keuntungan bagi Karang Taruna, hal itu merujuk kepada dukungan pemerintah daerah yang dibutuhkan organisasi seperti Karang Taruna.

“Kalau di daerah lain yang kepala daerahnya tidak tahu Karang Taruna, mungkin agak sulit Karang Taruna melakukan kemitraan dengan pemerintah daerahnya. Tapi di sini, saya sendiri yang tahu apa kebutuhan dan kompetensi serta kapasitas Karang Taruna,” ujar Andika.

Keuntungan tersebut, kata Andika, harus dijadikan pemicu Karang Taruna di Banten untuk segera bermetamorfosis dari organisasi yang mungkin sebelumnya banyak tergantung kepada pemerintah dan pihak eksternal lainnya, menjadi organisasi kepemudaan dan social yang bisa mandiri dan menjadi motor penggerak di masyarakat.

“Sudah bukan waktunya lagi Karang Taruna dibina, tapi saatnya Karang Taruna sekarang mampu mandiri dan siap bersanding menjadi mitra bagi pemerintah daerah dan pihak lain untuk memajukan daerah dan membantu masyarakat,” paparnya.

Jagokan Lebak Denok

Dalam sambutannya, Andika juga berulang kali mengapresiasi kader-kader Karang Taruna Kecamatan Lebak Denok Kota Cilegon yang tahun ini lolos menjadi salah satu nominasi Karang Taruna terbaik tingkat Nasional.

“Bukan bermaksud mendahului kehendak Allah SWT. Tapi memang sudah ada benang merahnya kalau Karang Taruna Cilegon itu mampu menjadi juara di tingkat Nasional, sejak dari zaman Gunung Sugih (Karang Taruna Gunung Sugih, Kota Cilegon, pernah Juara di tingkat Nasional), ” imbuhnya.

Selain karena prestasi yang dimiliki oleh para kader Karang Taruna Lebak Denok, lanjut Andika, keyakinannya tersebut juga didukung oleh fakta yang menunjukkan jika Karang Taruna di Kota Cilegon dan sejumlah daerah lainnya di Banten mendapatkan dukungan yang tidak kecil dari pemerintah daerahnya masing-masing.

“Saya lihat di Cilegon ini, Pak Plt Walikota-nya (Edi Ariadi) juga kan kemarin ikut hadir saat verifikasi Karang Taruna Lebak Denok oleh tim dari pusat. Ini menunjukkan beliau sangat mendukung Karang Taruna,” pungkasnya, seraya meminta seluruh peserta pelatihan untuk mendoakan Karang Taruna Lebak Denok agar berhasil menggondol prestasi jauara di lomba Karang Taruna tingkat Nasional. [dham]

Editor: Ahmad Hifni
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Andika, Satu-satunya Ketua Karang Taruna di Indonesia yang Kepala Daerah
paslon 1 paslon 2 paslon 3 NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top