Senin, 09 Desember 2019 |
News Room - Pemerintahan - Kuliner

Anda Berminat? Jokowi Cari Koki yang Jago Masak Ikan

Senin, 03 Jul 2017 | 19:23 WIB Dibaca: 604 Pengunjung

Presiden Jokowi dan Ibu saat blusukan ke Pasar ikan.*

JAKARTA, [NEWSmedia] - Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat ini sedang mencari koki handal yang jago masak ikan. Rencananya koki tersebut akan memperlihatkan keterampilannya dalam mengolah ikan di Istana Negara.

"Hari ini kita akan sampaikan rencana kita untuk mencari koki yang akan masak ikan. Hasil racikan koki tersebut akan disajikan pada acara HUT Indonesia ke 72 di Istana" ujar Kepala Staf Presiden Teten Masduki saat Konferensi Pers Lomba Masak Ikan Nusantara di Kantornya, Jakarta, Senin (3/7/2017)

Lomba Masak Ikan Nusantara juga sebagai kampanye mengajak masyarakat lebih banyak mengonsumsi ikan. Teten menjelaskan, angka konsumsi ikan di Indonesia masih rendah jika dibandingkan negara tetangga. Angka konsumsi ikan di Indonesia baru mencapai 40 kg per kapita, ditargetkan pada 2019 menjadi 54 kg.

"Padahal 70% daerah di Indonesia adalah air dan di air ada ikan. Tidak salah Pak Presiden bikin kuis ikan. Kita harus budayakan kuliner ikan jadi jangan hanya digoreng atau dibakar," kata Teten.

Kampanye makan ikan, kata Teten dimulai setelah diterbitkannya Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. Saat ini, konsumsi ikan di Indonesia hanya 44 kg per kapita selama satu tahun. Padahal, 70% wilayah Indonesia adalah air, dan tentunya terdapat ikan.

"Ini strategi pangan kita, yang sudah kebiasaan konsumsi daging sapi, kita ingin geser ke ikan," kata Teten.

Peningkatan gizi menjadi sangat penting untuk menjawab kebutuhan generasi Indonesia yang sehat, kuat, cerdas, dan berkarakter yang siap meningkatkan daya saing bangsa Indonesia di kawasan maupun global.

"Selain suplai ikan diperbanyak, kemudahan masyarakat dalam akses ikan selain ikan kering dan olahan, tetapi juga harus membudidayakan kuliner ikan. Jadi jangan digoreng dan dibakar, kita ingin ibu rumah tangga makin sering menyajikan ikan untuk konsumsi keluarga," tutur Teten. [Red/dtc]

Penulis: Red/dtc
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Anda Berminat? Jokowi Cari Koki yang Jago Masak Ikan
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top