Minggu, 21 Oktober 2018 |
News Room - Pemerintahan

Allhamdulillah, Guru Ngaji di Banten Bakal Dapat Jaminan Ketenagakerjaan

Rabu, 24 Mei 2017 | 20:15 WIB Dibaca: 806 Pengunjung

Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Banten, A. Bazari Syam usai melakukan MoU dengan BPJS Ketenagakerjaan di Kantor Kanwil Kemenag Provinsi Banten, Rabu (24/5/2017)

SERANG, [NEWSmedia] - Untuk memberikan perlindungan bagi pekerja non PNS, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Banten bekerjasama dengan BPJS, akan memberikan jaminan Ketenagakerjaan kepada setiap guru ngaji di pesantren dan madrasah.

Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Banten, A. Bazari Syam mengatakan, meski Ketenagakerjaan identik dengan karyawan di perusahaan, namun sesungguhnya, di madrasah yang swasta juga menggunakan tenaga kerja.

"Ustad juga pekerja dan selaku manusia harus mendapat jaminan dari Ketenagakerjaan karena punya resiko yang sama yang selama ini tidak dipedulikan," kata Bazari setelah melakukan MoU dengan BPJS Ketenagakerjaan di Kantor Kanwil Kemenag Provinsi Banten, Rabu (24/5/2017)

Ia mengatakan, hal tersebut merupakan suatu bentuk terobosan baru sebagai bentuk kehadiran pemerintah di tengah-tengah masyarakat, khususnya tenaga pendidik di pesantren, madrasah dan pelayanan keagamaan yang bersifat non PNS di bawah naungan Kanwil Kemenag Provinsi Banten.

"Kedepan, kita akan selalu sosialisasi terhadap sistem pembayarannya, tapi Rp16.800/ bulan itu tidak ada artinya kalau mereka sudah paham," terangnya.

Sementara itu, Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Provinsi Banten, Teguh Purwanto mengatakan, langkah pertama yang akan diambil oleh kedua pihak adalah melakukan pertukaran data dan informasi yang berkaitan dengan perjanjian kerja sama (PKS) dan akan digunakan untuk kepentingan bersama.

"Sementara ini baru dua program, kecelakaan dan kematian, tapi kedepan  kita ingin penambahan dengan kepemilikan rumah yang lebih terjangkau," terangnya.

Dengan adanya MoU tersebut, pihaknya berharap instansi pemerintah lainnya bisa dapat segera mengikuti langkah Kementerian Agama Provinsi Banten dalam menyediakan perlindungan bagi pekerja non-PNS di lingkungan kerjanya.

"Dengan begitu, universal coverage dapat segera terwujud dan kesejahteraan pekerja akan tercapai," pungkasnya. [Ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Allhamdulillah, Guru Ngaji di Banten Bakal Dapat Jaminan Ketenagakerjaan
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top