Jumat, 07 Agustus 2020 |
News Room - Peristiwa

Kedatangan Jokowi di Banten Disambut Demo

Rabu, 14 Mar 2018 | 15:44 WIB Dibaca: 24106 Pengunjung

Sejumlah mahasiswa yang melakukan demonstrasi di depan Kampus UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, Rabu (24/3/2018).*

SERANG, [NEWSmedia] - Kedatangan Presiden Joko Widodo di Kota Serang, Provinsi Banten, disambut demo oleh sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Banten. Para aktivis kampus tersebut melakukan unjuk rasa di depan Kampus UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, Rabu (24/3/2018).

Koordinator Aksi Aliansi Mahasiswa Banten, Abda Oebismillahi mengatakan, aksi unjuk rasa ini dilakukan sebagai protes atas kebijakan pemerintahan Jokowi-JK yang semakin hari semakin menunjukkan sikap anti rakyat. Bahkan konsep Indonesia berdikari secara ekonomi sudah sangat jauh dari harapan.

"Rezim hari ini yang menjadikan bangsa Indonesia bagaikan barang obral untuk diperdaya, kebijakan mempermudah Investasi asing dan tenaga kerja asing  ditengah belenggu politik upah murah (PP 78) yang menindas rakyat buruh. Lantas, bagaimana nasib-nasib anak bangsa yang ingin merubah nasib bangsanya, sementara sumber daya alam dan sumber daya manusia didominasi oleh asing?" kata Abda dalam orasinya.

Ia menuturkan, di tengah krisis kapitalisme yang semakin berkembang, pemodal semakin berjaya berinvestasi dengan banyak pembangunan yang dilakukan sehingga memunculkan konflik-konflik lahan di Indonesia.

"Dalam UU Pokok Agraria tahun 1960 jelas mengandung pengertian bahwasanya Reforma Agaria merupakan pembaharuan atau penataan ulang agraria terutama untuk rakyat kecil bukan pemodal, kepemilikan atas tanah dirombak menyeluruh bukan hanya sertifikasi lahan belaka," tuturnya.

Ia mengungkapkan, revisi UU MD3 hadir sebagai tandingan RUU KUHP Pasal penghinaan Presiden, bahkan menurutnya, nota kesepahaman TNI-POLRI membungkam demokrasi rakyat yang menunjukan watak pemerintahan anti kritik.

"Dari segi kesehatan, dimana adanya BPJS menunjukkan masyarakat harus menabung dan saling mensubsidi untuk kesehatan mereka. Namun, bagaimana dengan rakyat kecil yang membutuhkan fasilitas kesehatan gratis?" pungkasnya.

Untuk diketahui, sempat terjadi kericuhan dalam aksi tersebut, bahkan aparat kepolisian menembakkan gas air mata ke massa aksi dan dibalas dengan lemparan batu-bata dari mahasiswa, meski demikian, aksi tersebut kembali berjalan dengan tertib. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Kedatangan Jokowi di Banten Disambut Demo
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top