Selasa, 11 Desember 2018 |
News Room - Politik

Ali Faisal akan di-PAW Dari KPU Kota Serang, Siapa Penggantinya?

Senin, 18 Sept 2017 | 15:39 WIB Dibaca: 767 Pengunjung

Ali Faisal, komisioner KPU Kota Serang yang terpilih menjadi anggota Bawaslu Banten periode 2017-2022.*

SERANG, [NEWSmedia] - KPU Kota Serang akan melakukan pergantian antar waktu (PAW) terhadap komisionernya, yakni Ali Faisal yang terpilh menjadi anggota Bawaslu Banten periode 2017-2022. Calon pengganti Ali Faisal adalah nama yang masuk daftar tunggu calon komisioner KPU Kota Serang yang mengikuti seleksi pada tahun 2013.

Ketua KPU Kota Serang, Heri Wahidin mengatakan, pihaknya masih menunggu arahan dari KPU Provinsi Banten terkait dengan pengisian kekosongan jabatan komisioner pengganti Ali Faisal.

"Kami tidak diberikan wewenang untuk melaksanakan pergantian, untuk mengisi kekosongan ini kami sifatnya menunggu, menunggu instruksi dari KPU Banten, karena yang berwenang menunjuk itu KPU Banten, kami sifatnya hanya menunggu," kata Heri Wahidin ditemui saat launching Maskot dan Jingle Pilkada Kota Serang 2018 di Resto Kebon Kubil, Kota Serang, Senin (18/9/2017) pagi.

Sementara itu, Ali Faisal telah memastikan untuk mengikuti tahapan sampai dirinya dilantik menjadi Anggota Bawaslu Banten periode 2017-2022. Menurutnya, pengisi kekosongan jabatan komisioner KPU Kota Serang pengganti dirinya akan melalui mekanisme PAW.

Menurut Ali, calon penggantinya akan diambil dari 10 besar peserta seleksi calon komisioner KPU Kota Serang yang digelar tahun 2013.

"Ada mekanismenya, kan ada 10 besar di KPU Kota Serang, nanti yang urutan ke-enam bisa maju, tinggal PAW aja," kata Ali Faisal yang juga ditemui di acara launching tersebut.

Diketahui, berdasarkan data hasil seleksi calon komisioner KPU Kota Serang, dari 10 besar peserta seleksi calon komisioner KPU Kota Serang pada 2013 lalu, lima orang telah ditetapkan menjadi komisioner KPU Kota Serang periode 2013-2018.

Sementara lima orang lagi masuk daftar tunggu. Lima nama tersebut yaitu Muhamad Hopip, Tb Machfudz, Endang Suryadi, Ratu Nijmah Salamah dan Agus Ma'mun.

Ali Faisal menjelaskan, mekanisme proses PAW diawali dengan rapat pleno internal KPU Kota Serang, kemudian hasil pleno tersebut disampaikan ke KPU Banten dan KPU Banten menyampaikan ke KPU RI.

"Biasanya sejak ditetapkan, secara otomatis diberhentikan secara hormat, baru proses PAW, paling beberpa bulan sudah keluar SK-nya, biasanya begitu," ujarnya.

Meski demikian, Ali memastikan proses pengisian kekosongan jabatan di KPU Kota Serang tidak akan menganggu tahapan Pilkada Kota Serang yang akan digelar Juni 2018. Sebab seluruh tahapan Pilkada Kota Serang, kata dia, telah terkonsep dengan baik.

"Saya kira enggak, karena semua agenda terencana dengan baik," kata Ali seraya mengatakan, dirinya dijadwalkan dilantik menjadi anggota Bawaslu Banten periode 2017-2022 pada Rabu (20/9/2017) mendatangi. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Arif Darma
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Ali Faisal akan di-PAW Dari KPU Kota Serang, Siapa Penggantinya?
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top