Rabu, 19 Juni 2019 |
News Room - Politik - Banten Memilih

Ini Alasan Pasangan Dimyati-Yemmelia Tidak Jadi Maju di Pilgub Banten

Selasa, 13 Sept 2016 | 10:19 WIB Dibaca: 674 Pengunjung

Surat 'pengunduran diri' pasangan Dimyati-Yemmelia sebagai bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Banten dari jalur independen.*

SERANG, [NEWSmedia] – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten telah menerima surat ‘pengunduran diri’ dari pasangan bakal calon perseorangan/ independen, Achmad Dimyati Natakusumah-Yemmelia. Surat itu diantarkan oleh perwakilan tim sukses Dimyati-Yemmelia ke kantor KPU Provinsi Banten, Selasa (13/9/2016) siang.

Terdapat dua lembar surat yang diterima KPU Provinsi Banten dari seorang penghubung (Liaison officer) Achmad Dimyati Natakusumah bernama Nurjanah.

Lembar pertama adalah surat pernyataan yang menyatakan bahwa pasangan bakal calon atas nama Achmad Dimyati Natakusumah dan Yemmelia ‘tidak melanjutkan’ mengikuti proses tahapan Pilkada Banten 2017 dari jalur perseorangan/ independen.

Sementara, surat kedua berisi tentang surat kuasa yang ditandatangani oleh bakal calon Achmad Dimyati Natakusumah dan LO Nurjannah dibubuhi dengan materai Rp6.000.

Dalam surat tersebut, tertulis empat poin yang berbunyi sebagai berikut:

Dengan ini, ada beberapa hal yang perlu disampaikan:

  1. Kami mengapresiasi kinerja KPUD Banten terhadap proses verifikasi faktual terhadap jumlah dan sebaran dukungan bakal calon perseorangan.
  2. Telah terjadi pendzaliman terhadap kami, hal ini dibuktikan di lapangan dari total dukungan hampir 20 persen, tidak memenuhi syarat (TMS).
  3. Banyaknya indikasi untuk menggagalkan calon perseorangan/independen pada Pilkada Banten 2017.
  4. LO kami juga telah di BAP oleh Panwasda terkait dengan indikasi tersebut di atas.

Koordinator Dulur Dimyati, Mujizatullah Aby Husen mengatakan ada perbincangan antara Dimyati Natakusumah dengan Presiden Jokowi saat berkunjung ke Pandeglang Minggu (11/9/2016). Namun ia tidak menjelaskan apa pembicaraan yang dimaksud.

“Intinya, beliau mematuhi arahan yang diberikan oleh presiden pada saat melakukan pembicaraan empat mata ketika kunjungan ke Pandeglang dua hari yang lalu,” kata Mujizatullah.

Sementara itu, Nurjanah selaku LO yang ditugaskan oleh Achmad Dimyati Natakusumah mengatakan, keputusan untuk tidak melanjutkan tahapan dilakukan karena proses verifikasi administrasi data dukungan yang menjadi persyaratan pencalonan Dimyati-Yemmelia, tidak sesuai dengan data dukungan yang diberikan saat pendaftaran.

“Data kita, semakin ke sini, semakin tidak sesuai dengan hasil pendaftaran. Awalnya KPU menyatakan administrasi rapi, semua bagus, baik. Ternyata saat verifikasi ke bawah sampai PPS, penuh dengan kezoliman, banyak yang didesak untuk tidak mengakui datanya,” kata Nurjanah saat dihubungi NEWSmedia melalui telepon seluler, tadi sore.

“Sebenarnya bisa saja kami melakukan perbaikan. Tapi untuk apa melakukan perbaikan, kalau memang ada upaya untuk ganjal mengganjal calon independen,” sambung Nurjanah. [Ahi/01]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Redaktur-02
Publisher: newsmedia.co.id
Bagikan:

KOMENTAR

Ini Alasan Pasangan Dimyati-Yemmelia Tidak Jadi Maju di Pilgub Banten
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top