Kamis, 23 November 2017 |
Highlight - News Community

Al-Khairiyah Gelar Rakernas Perdana, Ini Pesan Pj Gubernur Banten Nata Irawan

Sabtu, 25 Feb 2017 | 18:15 WIB Dibaca: 691 Pengunjung

Pj Gubernur Banten Nata Irawan saat membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Al-Khairiyah di GSG Al-Khairiyah, Kota Cilegon, Sabtu (25/2/2017). (Foto: Lipdok Biro ART Pim Setda Banten)

CILEGON, [NEWSmedia] - Organisasi Islam Al-Khairiyah yang berpusat di Kota Cilegon, Sabtu (25/2/2017) melantik jajaran pengurus sekaligus melakukan rapat kerja nasional (rakernas) perdana untuk kepengurusan periode 2016-2021. Acara pembukaan dihadiri Penjabat Gubernur Banten Nata Irawan dan Forum Pimpinan Daerah Provinsi Banten.

Pada kesempatan itu, Penjabat Gubernur Banten Nata Irawan memberikan apresiasi kepada Al-Khairiyah yang telah banyak membantu program program pemerintah, baik di bidang pendidikan maupun gerakan ekonomi kerakyatan yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Al Khairiyah bergerak dalam bidang pendidikan, sehingga memiliki aspek strategis untuk mendukung pemikiran dan program-program yang memajukan Banten. Gerakan ekonomi kerakyatan dan koperasi yang dilaksanakan Al Khairiyah, memiliki nilai praktis untuk menanggulangi kemiskinan dan ketimpangan pendapatan rakyat,” kata Nata Irawan dalam sambutan membuka acara.

Menurutnya, besarnya peran ormas keagamaan dalam menjaga persatuan dan ideologi kebangsaan, terus mendapat dukungan dari pemerintah. Nata Irawan juga mengingatkan bahwa sejarah emas bangsa Indonesia mencatat, perjuangan kemerdekaan Indonesia tidak bisa lepas dari dukungan organisasi dan tokoh Islam.

Pelantikan pengurus PB Al-Khairiyah di sela-sela Rakernas.

“Para ulama beserta santrinya bahu membahu, baik dalam perlawanan langsung dengan senjata maupun melalui pendidikan,” ujarnya.

Nata juga berpesan agar Al-Khairiyah terus memperkuat persaudaraan di antara umat Islam. “Ukhuawah islamiyah harus terus dibangun dan dikembangkan untuk memperkuat persaudaraan umat Islam. Cari persamaan dan minimalisir perbedaan,” ucap Nata.

Dalam Rakernas ini juga dilaunching buku mengenai Al-Khairiyah. Buku tersebut memuat kisah tentang Brigjend KH. Syam’un (Pendiri Al-Khairiyah), serta gagasan pendirian Pondok Pesantren Al-Khairiyah, kemudian kisah Al-Khairiyah dari masa ke masa, visi misi makna logo mars dan hymne Al-Khairiyah, termasuk perkembangan organisasi Pengurus Besar Al-Khairiyah, tradisi pondok pesantren Al-Khairiyah, serta biografi Ketua Umum Pengurus Besar Al-Khairiyah dari masa ke masa.

Pembukaan Rakernas organisasi islam tertua di Indonesia ini juga dihadiri beberapa delegasi pemerintah pusat. Rakernas juga diawali dengan pelantikan kepengurusan PB Al-Khairiyah periode 2016-2021 yang dipimpin Ketua Umum PB Al-Khairiyah, Ali Mujahidin. [hms/ard]

Editor: Arif Darma
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Al-Khairiyah Gelar Rakernas Perdana, Ini Pesan Pj Gubernur Banten Nata Irawan
Top