Sabtu, 25 November 2017 |
News Room - Peristiwa

Akibat Angin Kencang, Kapal Port Link Tabrak Bantalan Dermaga III Pelabuhan Merak

Senin, 26 Jun 2017 | 17:05 WIB Dibaca: 737 Pengunjung

Lambung KMP Port Link III yang robek karena menabrak fender Dermaga III Pelabuhan Merak, Senin (26/6/2017)

CILEGON, [NEWSmedia] - Akibat angin kencang di kawasan perairan Merak, Kapal Port Link III milik PT ASDP menabrak fender (bantalan karet) Dermaga III Pelabuhan Penyeberangan Merak, karena diduga terdorong angin kencang. Akibatnya, 3 fender dan bagian bawah kapal mengalami kerusakan.

"Sekitar pukul 12.00 WIB saat Kapal Port Link III mau sandar di dermaga III, tiba-tiba angin cukup kencang, jadi kapal yang biasanya menyandar dengan kecepatan rendah tiba-tiba terdorong angin sehingga menabrak fender," kata Kepala Otoritas Jasa Pelabuhan (OPP) Merak, Harno Trimasi, Senin (26/6/2017).

Fender yang mengalami kerusakan yakni fender 8,9, dan 10, sementara sisanya sebanyak 7 fender masih bisa digunakan. Untuk sementara kapal milik PT ASDP itu dikeluarkan dari jadwal lintasan untuk menunggu hasil pemeriksaan dari Kantor Otoritas Kesyahbandaran Pelabuhan (KSOP) Banten untuk melihat hasil dan penyebab pasti kapal menabrak fender. 

"Kapal untuk sementara engker, kita minta Syahbandar menurunkan marine inspektor untuk memeriksa. Jadi kita masih menungu laporan dari mereka. Prinsipnya kapal kita sudah keluarkan dari dermaga, begitu nyandar kita langsung keluarkan dari lintasan," paparnya.

Harno menyatakan, saat kapal tersebut sandar di dermaga, biasanya kecepatan kapal tidak lebih dari 2 knot. Pihaknya masih menungu konfirmasi dari BMKG mengenai dugaan dorongan angin yang menjadi penyebab kapal menabrak fender.

"Kalau kecepatan sandar biasanya 2 knot, itu sudah lambat, ini masalahnya kami lagi konfirmasi katanya kecepatan angin 25 knot, lagi cek di BMKG, kecepatan kapal lambat tapi terdorong dengan angin," tuturnya.

Menurutnya, ketika menabrak fender dermaga, bagian lambung kapal terjadi kerusakan, sehingga kapal diduga mengalami kebocoran. 

"Dan kapal informasinya ada kerusakan dan kami memutuskan kapal jangan beroperasi dulu menunggu pemeriksaan marine inspektor. Kapal masih berjalan seperti biasa, karena dia (ada kerusakan) di lambungnya, mesinnya nggak. Karena kami khawatir kalau nabrak suka sobek (lambung kapalnya), biasanya kalau nabraknya kenceng dia sobek," ujarnya.

Pihak OPP Merak saat ini memberhentikan sementara operasional dermaga III hingga fender tersebut diperbaiki oleh PT ASDP selaku pemilik kapal. Meski begitu, jika 7 fender masih bisa digunakan, pihaknya akan memutuskan untuk mengoperasikan kapal ukuran kecil. Hal itu lantaran kapal kecil hanya membutuhkan 5 fender untuk sandar di dermaga.

"Terkait dermaga, kita lagi mau stop semua kapal yang masuk dermaga III, kita akan engker kan semua. Nanti malam kami akan rubah (jadwal), kan ini 3 fender yang rusak. Fender 1-7 kan masih bagus, nanti kapal-kapal yang kecil kami operasikan di situ karena hanya butuh 5 fender, kan kalau kapal besar memerlukan 10 fender," terangnya. [Red/dtc]

Penulis: Red/dtc
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

LAINNYA

HET Tak Efektif Turunkan Harga Beras
Sabtu, 25 Nov 2017 | 07:02 WIB
HET Tak Efektif Turunkan Harga Beras
Harga Emas Naik Menjadi Rp626 Ribu per Gram
Jumat, 24 Nov 2017 | 07:03 WIB
Harga Emas Naik Menjadi Rp626 Ribu per Gram

KOMENTAR

Akibat Angin Kencang, Kapal Port Link Tabrak Bantalan Dermaga III Pelabuhan Merak
Top