Senin, 13 Juli 2020 |
Pariwisata - News Gallery

Akhir Tahun Segera Tiba, Mau Liburan? Ini Tipsnya

Sabtu, 23 Des 2017 | 16:06 WIB Dibaca: 539 Pengunjung

Liburan akhir tahun di pantai ancol.*

[NEWSmedia] - Akhir tahun menjadi momen terbaik untuk sejenak meluruskan kaki, melemaskan saraf-saraf yang tegang selama hampir setahun beraktifitas, dan mengambil cuti untuk relaksasi.

Yup! akhir tahun memang waktunya liburan. Tak hanya orang kantoran, para pelajar pun memerlukannya untuk rehat selepas ujian sekolah.

Tapi, kadang kita bingung merencanakan liburan yang seru bareng keluarga atau teman-teman. Jangan kuatir! masih ada waktu untuk rencanakan mau kemana di akhir tahun ini. Agar liburan akhir tahun lebih seru dan berkesan serta hemat, berikut ini ada 7 tips liburan akhir tahun seru yang bisa jadi referensi.

Ketahui kondisi cuaca

Jika berencana liburan ke luar negeri di akhir tahun ini, pastikan selalu up to date dengan kondisi cuaca di negara tujuan. Misalnya jika ingin ke negara-negara di Asia Tenggara umumnya kondisi cuaca tidak beda jauh dari Indonesia, sehingga kamu bisa membawa baju yang biasa-biasa saja. Di Indonesia pun juga mesti waspada dengan cuaca penghujan yang kini terjadi, khususnya dengan daerah yang akan kita tuju, tak salah jika kamu mengikuti berita cuaca, agar tahu kondisi daerah tujuan, contohnya Bali yang saat ini sedang ada erupsi Gunung Agung.

Lain halnya jika kamu akan mengunjungi negara dengan empat musim. Akhir tahun tentu sudah masuk ke dalam musim dingin, sehingga kamu perlu menyesuaikan pakaian yang akan dibawa nantinya. Jangan sampai salah kostum ya karena bisa-bisa malah harus menghabiskan uang ekstra untuk membeli pakaian yang tidak sesuai di negara tujuan.

Cerdas cari tiket pesawat

Akhir tahun merupakan periode high season yang artinya sebagian besar harga tiket untuk transportasi dan akomodasi jadi lebih mahal dari hari biasa. Hal ini wajar saja mengingat tingginya permintaan. Namun untuk mengakali harga tiket mahal saat akhir tahun, mulailah cari tiket pesawat ke destinasi tujuan dari sekarang juga.

Lewat jalur darat

Jika destinasi pilihan untuk liburan akhir tahun kali ini berada tak jauh dari kota asal, menggunakan transportasi darat seperti bus maupun kereta api bisa jadi opsi transportasi murah. Namun sejalan dengan tiket pesawat, tiket bus maupun kereta api juga bisa melambung saat akhir tahun tiba, juga kadang sulit untuk mendapatkannya. Jadi jika ingin menggunakan jalur darat, kamu bisa segera beli tiketnya dari sekarang ya.

Destinasi wisata anti mainstream

Akhir tahun destinasi wisata liburan populer di Indonesia maupun luar negeri biasanya pasti ramai dengan wisatawan. Jangan terpaku pada destinasi wisata populer saja, karena Indonesia punya banyak pilihan destinasi keren yang bisa dikunjungi. Setiap wilayah memiliki ‘hidden gem’ yang bisa dijelajahi saat liburan akhir tahun. Liburan pun akan jadi lebih bervariasi dan tidak disitu-situ saja.

Dengan mengunjungi tempat tak biasa dan membagikan keindahannya melalui sosial media. Kamu bisa jadi trendsetter  lho! senang-senangnya dapat, viralnya pun dapat. Keren kan?

Pilih akomodasi terbaik

Sama seperti tiket pesawat, harga kamar hotel pun akan meroket di akhir tahun. Untuk menghindari kehabisan kamar apalagi harga yang terus melambung naik, ada baiknya kamu segera booking hotel di destinasi tujuan dari sekarang. Pilih opsi hotel dengan harga termurah sesuai dengan budget liburan. Jangan memaksakan menginap di resort jika budget liburan pas-pasan. Hotel boutique hingga hostel bisa jadi pilihan seru ketika liburan ke tempat baru.

Traveling rame rame

Meski solo traveling menyenangkan, namun liburan akhir tahun akan lebih seru jika bisa berangkat rame-rame dengan teman maupun keluarga. Akan ada banyak momen manis yang bisa tercipta, lebih banyak orang yang bisa diajak bicara, lebih banyak orang yang bisa sharing cost, dan bisa membantu mengambil foto keren.

Timing berangkat yang pas

Kamu gak wajib berangkat tanggal 31 Desember untuk disebut sedang ‘liburan akhir tahun’. Pilihah tanggal keberangkatan terbaik, dari segi harga tiket pesawat / kereta / bus, sekaligus mempertimbangkan keramaian tempat wisata yang akan dikunjungi di destinasi tujuan. Ini penting, jangan sampai meriahnya pesta kembang api saat malam pergantian tahun malah dinikmati lewat televisi, YouTube dan juga sosial media, karena salah mengatur jadwal liburan. [tmp]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Akhir Tahun Segera Tiba, Mau Liburan? Ini Tipsnya
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top