Kamis, 22 Oktober 2020 |
News Room

Akademisi UIN Banten Sebut Ideologi Islamisme Berbahaya Bagi Indonesia

Minggu, 23 Jun 2019 | 08:41 WIB Dibaca: 1862 Pengunjung

Akademisi UIN Banten Ali Muhtarom dan Sekretaris FKPT Banten, Amas Tadjudin saat diskusi bersama PMII Banten di Kota Serang, Sabtu (22/6/2019).*

SERANG, [NEWSmedia] - Akademisi UIN Banten, Ali Muhtarom menyebutkan, ideologi Islamisme sangat berbahaya bagi kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia.

Menurutnya, jika ideologi tersebut muncul di tengah-tengah masyarakat, maka hal tersebut bertentangan dengan kultur Indonesia yang menganut sistem national state atau negara kebangsaan.

"Ideologis Islamisme sangat berbahaya ketika muncul di tengah-tengah masyarakat, karena motifnya bertentangan dengan national state," kata Ali setelah Diskusi di Kota Serang, Sabtu (22/6/2019).

Ia menjelaskan, ideologi Islamisme merupakan pandangan hidup sekelompok orang yang menginginkan Islam dijadikan sebagai satu-satunya asas dalam bernegara.

"Mereka ingin menjadikan Islam sebagai asas tunggal dalam konteks kenegaraan. Saya mengamati ada arah ke situ, meskipun secara fisik agak sulit tapi rasanya ada," jelasnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Sekretaris Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Provinsi Banten, Anas Tadjudin yang menyebutkan, Indonesia merupakan negara kesatuan yang berdasarkan pada Pancasila, UUD 45, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI.

"Mahasiswa harus mampu dan sanggup mensosialisasikan kepada masyarakat, Indonesia negara besar yang berideologi Pancasila, UUD 45 dan Kebhinekaan, itu lebih penting dari pada kepentingan lain," pungkasnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Akademisi UIN Banten Sebut Ideologi Islamisme Berbahaya Bagi Indonesia
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top