Senin, 13 Juli 2020 |
News Gallery - Lifestyle

Ajak Manula Berinteraksi dan Merawat Cucu Cegah Kematian Dini

Kamis, 12 Jan 2017 | 09:30 WIB Dibaca: 704 Pengunjung

Foto Ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Pasti ada perasaan bahagia dan lega ketika Anda berhasil membantu orang lain atau keluarga. Termasuk kakek-nenek yang ikut mengawasi cucu mereka bermain, ada percik bahagia yang mewarnai wajah mereka. Ternyata tindakan mulia itu dapat memperpanjang umur mereka.

Sebuah studi meneliti 500 orang berusia 70 - 103 tahun dalam jangka waktu 20 tahun. Mereka meneliti tentang kelangsungan hidup para partisipan. Penelitian yang diterbitkan dalam Evolution and Human Behavior menemukan, orang yang merawat orang lain, memiliki kelangsungan hidup yang lebih lama dibandingkan yang tidak.

Penelitian ini melibatkan kakek-nenek yang turut mengasuh dan memerhatikan cucu mereka. Para peneliti juga mengamati kakek-nenek tanpa anak-anak, yang aktif merawat orang lain.

Hasil dari studi tersebut menunjukkan, manula yang membantu merawat anak-anak mereka lebih mungkin hidup selama 10 tahun ke depan. Sementara itu, mereka yang tidak terlibat dalam hal ini justru meninggal lma tahun lebih awal.

Beberapa studi juga melihat hubungan antara manula dengan tingkat kelangsungan hidup. Adapun studi yang menyebutkan, membantu orang lain dapat meningkatkan fungsi kognitif kakek-nenek dan meredakan tingkat depresi mereka.

Ikatan keluarga semacam ini, justru menuai manfaat yang besar bagi kesehatan para manula. Para peneliti juga percata, emosi positif yang mengalir alami untuk membantu orang lain, dapat memerangi efek negatif stres. Penelitian yang lebih lanjut diperlukan untuk memahami mekanisme manfaat kesehatan ketika manula membantu orang lain. Demikian dilansir dari Timesofindia, Rabu (11/1/2017). [okz] 

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Ajak Manula Berinteraksi dan Merawat Cucu Cegah Kematian Dini
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top