Kamis, 15 November 2018 |
News Room

Airin Sebut Dana Kelurahan Bukan Rencana Dadakan Jelang Pemilu

Sabtu, 27 Okt 2018 | 15:32 WIB Dibaca: 308 Pengunjung

Ketua Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi), Airin Rachmi Diany. [net]*

TANGSEL, [NEWSmedia] – Ketua Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi), Airin Rachmi Diany menyebutkan, peluncuran dana kelurahan bukan program dadakan menjelang Pemilu 2019.

Menurutnya, anggaran dana kelurahan sudah disepakati oleh Badan Anggaran (Banggar) DPR-RI dan Kementrian Keuangan (Kemenkeu) dengan sejumlah syarat.

"Desa kan sama kelurahan dekatan. Ini bukan program dadakan. Kelurahan juga butuh anggaran meskipun tidak sebesar yang diturunkan untuk dana desa,” kata Airin di Kota Tangsel, Kamis (25/10/2018).

Ia menjelaskan, meski di beberapa kota masih ada desa, namun pihaknya meyakini, semangat dari dana kelurahan adalah untuk keadilan dan pemerataan pembangunan.

“Walaupun nanti anggaran ke kelurahan tidak sebesar dana desa, yang penting bertahap. Karena kelurahan juga butuh. Jangan sampai nanti desanya maju sementara kelurahannya mandek pembangunannya karena di kota saja masih ada desa,” kata Wali Kota Tangsel ini.

Ia menuturkan, penggunaan dana kelurahan harus melihat kebutuhan dan juklak serta juknisnya yang berdasarkan pada kebutuhan yang diusulkan dari bawah, sebab menurutnya, jika permintaan pembangunan langsung dari masyarakat, pembangunan akan maksimal.

"Setelah mengapresiasi kebutuhan dari bawah, kita akan sesuaikan apakah itu akan tidak melanggar juklak juknis atau melanggar. Polanya nanti seperti ini untuk penggunaan dana kelurahannya,” tuturnya.

Terkait dengan payung hukum yang sempat diprotes sejumlah pihak, menurut Airin, seperti yang disampaikan Presiden Jokowi bahwa rancangan anggaran yang nanti dibahas bersama DPR-RI merupakan acuan juga untuk penggunaan anggaran Dana Kelurahan tersebut.

“Undang-undang APBN juga merupakan aturan juga kan. Ini saling terkait, jadi tidak ada masalah,” ujarnya.

Ia juga menegaskan, meski saat ini telah memasuki tahun politik, pihaknya meminta kepada masyarakat agar tidak termakan isu-isu yang bersifat politis.

"Tahun politik boleh saja. Tapi jangan dikaitkan secara politik. Kan beda, makanya harus diklarifikasi,” pungkasnya. [pm]

Editor: Ahmad Hifni
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Airin Sebut Dana Kelurahan Bukan Rencana Dadakan Jelang Pemilu
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top