Rabu, 24 Oktober 2018 |
Pariwisata - News Gallery

Air Terjun Kabut Pelangi, Keindahan Surga di Tanah Lumajang

Senin, 08 Jan 2018 | 15:22 WIB Dibaca: 3509 Pengunjung

Keindahan air terjun kabut pelangi.*

[NEWSmedia] - Kabupaten Lumajang menjadi daerah yang namanya kalah terkenal dengan Malang. Padahal, kabupaten yang masih dalam kawasan Jawa Timur ini patut diperhitungkan keberadaan oleh para traveler.

Pasalnya, kabupaten yang dijuluki sebagai Kota Pisang tersebut memiliki sebuah destinasi wisata yang tidak bisa dianggap sepele. Bagaimana tidak, destinasi itu bisa membuat para pelancongnya selalu rindu dan ingin mengunjunginya kembali.

Apalagi faktornya kalau bukan keindahan yang tidak bisa diutarakan dengan kata-kata. Destinasi wisata yang dimaksud sedari tadi ialah Air Terjun Kabut Pelangi. Air terjun atau yang dalam bahasa daerah setempat disebut 'coban' ini, merupakan anugerah Tuhan yang patut disyukuri dan dijaga keindahannya.

Air Terjun Kabut Pelangi diberi nama seperti itu, karena di sana sering terlihat penampakan pelangi, yang disebabkan dari peristiwa membiasnya air terjun bertemu dengan cahaya matahari. Pertemuan antara titik-titik air dan cahaya matahari tersebut akhirnya membentuk tujuh warna khas yang disebut pelangi.

Lokasinya yang berada di kaki Gunung Semeru membuat Air Terjun Kabut Pelangi dikelola oleh Perum Perhutani KPH Malang dan masih dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Maka, bagi traveler atau pendaki yang hendak menuju puncak Gunung Bromo akan melewati air terjun ini.

Serupa dengan sebagian besar air terjun di tempat lain, Air Terjun Kabut Pelangi memiliki ketinggian sekira 100 meter. Namun, coban yang sangat dibanggakan oleh warga Lumajang tersebut berada pada dataran setinggi 1.229 meter di atas permukaan laut. Sehingga, ketika berada di sekitar Air Terjun Kabut Pelangi, para traveler akan merasakan udara yang sangat sejuk dan segar.

Akan tetapi, untuk bisa menikmati keindahan dan menakjubkannya alam di sekitar Air Terjun Kabut Pelangi, para traveler harus terlebih dahulu melewati jalur yang cukup menguji kesabaran dan kehati-hatian. Pasalnya, Anda harus naik-turun perbukitan dengan medan yang juga cukup terjal dan menantang. Untuk itu, disarankan agar mengenakan sepatu yang nyaman atau alas kaki yang tidak licin dan mampu mencegah cedera.

Meskipun demikian, pesona dan keindahan Air Terjun Kabut Pelangi tetap memikat hati dan selalu berhasil menarik wisatawan untuk menjamah alamnya, juga menikmati keindahannya. Para traveler bisa bermain air yang efeknya bisa menghilangkan penat, pepohonan dan udara sejuk yang mampu menyegarkan pikiran, hingga suasana yang teduh, asri, deras hempasan air terjun sanggup menentramkan dada. 

Bagi traveler yang baru kali pertama datang ke Air Terjun Kabut Pelangi dan sebelumnya tinggal di perkotaan, hanya mendengar suara klakson kendaraan, saat berada di sana akan disambut dengan kicauan burung-burung. Fasilitas yang cukup memadai, seperti lahan parkir, kamar mandi, gazebo, musholla dan lainnya, dijamin akan membuat Anda semakin betah berada di destinasi wisata yang masih jarang diketahui masyarakat ini.

Berminat untuk melancongi Air Terjun Kabut Pelangi di Kota Pisang? Mulailah mempersiapkan bekal perjalanan Anda, sebab jarak yang harus Anda tempuh nantinya cukup panjang, yaitu sekira 78 kilometer dari pusat Kota Malang. [okz]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Air Terjun Kabut Pelangi, Keindahan Surga di Tanah Lumajang
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top