Selasa, 19 Desember 2017 |
News Room - Hukum

Ahok Dipindah ke Mako Brimob, Pucat Disoraki Mantan Pegawai

Rabu, 10 Mei 2017 | 10:53 WIB Dibaca: 615 Pengunjung

Ahok saat tiba di rutan cipinang. Selasa (9/5/2017).*

JAKARTA, [NEWSmedia] - Basuki Tjahaja Purnama akhirnya dipindahkan dari Rumah Tahanan (Rutan) Cipinang, Jakarta Timur, ke Markas Brimob Kelapa Dua Depok, Rabu (10/5/2017) dini hari.

Pemindahan tersebut dilakukan karena permintaan Kepala Rutan Cipinang Asep Sutandar kepada pihak kepolisian, dengan alasan keamanan.

Kapolres Jakarta Timur Kombes Andry Wibowo mengatakan, pemindahan dilakukan pukul 01.00 WIB.

"Proses kepindahannya sudah dimulai dari pukul 22.00 WIB. Tapi baru keluar dari rutan dini hari," kata Andry saat dikonfirmasi

Sementara, Karutan Cipinang menjelaskan, pemindahan Ahok dilakukan agar warga binaan di Rutan Cipinang tidak terganggu.

Sebab, sejak Ahok ditahan di Rutan Cipinang pada Selasa siang, ribuan pendukungnya terus berdatangan meminta Ahok dibebaskan, hingga dini hari. Sedangkan petugas di rutan hanya 22 orang.

"Mereka yang di dalam terusik juga, terganggu juga dengan suara ini," ujar Asep.

Selain itu, banyaknya pendukung Ahok mengganggu keluarga tahanan lain yang ingin datang menjenguk.

"Keluarga yang mau berkunjung juga tertahan," jelas Asep.

Sementara, sebelum di pindah ke Mako Brimob, Ahok sempat menjalani masa penahanan di Rutan Cipinang, dan berada satu blok sel dengan para mantan pegawainya yang terjerat sejumlah kasus, seperti kasus tindak pidana korupsi.

"Ahok  akan ditempatkan di Blok C14. Tadi waktu masuk ke rutan langsung disoraki, muka Ahok juga pucat," kata salah satu sumber di LP Cipinang tersebut melalui pesan singkatnya.

Dia menambahkan, itu blok kasus tipikor (tindak pidana korupsi). "Banyak mantan PNS (Pegawai Negeri Sipil) yang dulu dipenjarain Ahok," katanya.

Di blok itu, lanjutnya, terdapat puluhan mantan PNS DKI yang tersangkut kasus korupsi.

"Sebagian mantan pegawai Pemda, banyak yang dipenjarakan dan dipecat oleh Ahok makanya mereka kesal terutama dari PU Tata Air (sekarang Dinas Sumber Daya Air) kurang lebih hampir 60 orang," katanya.

Dia menambahkan, "Belum lagi dari warga binaaan yang lain yang memang sudah kesal dan muak dengan sikap dan perilaku Ahok."

"Kami juga dapat informasi kalau Ahok nggak melalui proses mapenaling (masa pengenalan lingkungan). Selain itu kenapa kok dia di sel tipikor, padahal kan kasus pidana umum. Teman-teman di sini mempertanyakan itu," katanya. [wrk]

Editor: Indra Gunawan
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Ahok Dipindah ke Mako Brimob, Pucat Disoraki Mantan Pegawai

BERITA TERKAIT

Top