Minggu, 17 Januari 2021 |
Kesehatan - News Gallery

Agar Terhindar dari Migrain, Jauhi 7 Jenis Makanan Ini

Jumat, 26 Jan 2018 | 09:37 WIB Dibaca: 655 Pengunjung

Foto Ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Sering mengalami migrain? Atau rentan kena migrain? Kalau kamu sering menderita karena migrain, sebaiknya segera perbaiki pola makanmu. 

Wanita sangat rentan mengalami migrain karena perubahan hormon dalam siklus haid setiap bulan. Belum lagi bila memiliki kesibukan dan rutinitas pekerjaan yang padat, seorang wanita jadi makin rentan mengalami migrain. Untuk meminimalisir risiko terkena migrain, ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari, seperti makanan-makanan berikut ini.

Cokelat
Nggak nyangka kan kalau cokelat sebaiknya dihindari bila tidak ingin terkena serangan migrain? Dilansir dari thehealthsite.com, dalam sebuah penelitian tahun 2012 yang dipublikasikan di Iranian Journal of Nursing and Midwifery Research, cokelat merupakan salah satu jenis makanan yang sebaiknya dihindari. Karena senyawa feniletilamina yang terkandung di dalamnya bisa menjadi salah satu faktor pemicu migrain.

Produk Berbasis Susu
Konsumsi produk hasil olahan susu seperti keju dan yogurt secara berlebihan bisa memicu migrain pada sebagian wanita. Khususnya hindari keju yang mengandung tiramina karena senyawa ini bisa memicu migrain. 

Makanan Berminyak
Gorengan dan aneka makanan berminyak sebaiknya dihindari. Apalagi kalau kamu sudah sering dan rentan mengalami migrain, penting untuk membatasi konsumsi aneka keripik, camilan yang digoreng, dan berbagai jenis makanan berminyak lainnya.

Pemanis Buatan
Aspartam merupakan salah satu pengganti gula yang banyak digunakan di berbagai jenis makanan. Kandungan itu pun bisa memicu penyakit migrain pada wanita. Selalu cek setiap makanan dan minuman kemasan yang akan dikonsumsi, ya. Penting untuk menghindari makanan dan minuman yang mengandung pemanis buatan ini.

Buah-Buahan Asam
Buah jeruk, buah lemon, dan buah-buahan yang memiliki rasa asam memang kaya akan kandungan vitamin C. Tapi pada sebagian wanita, buah-buahan asam ini bisa memicu migrain. 

Buah Tomat
Buah tomat juga sebaiknya dihindari. Begitu juga dengan aneka produk olahan berbahan tomat seperti saus tomat. Karena selain kandungan buah tomatnya, bahan pengawet yang terkandung di dalamnya juga bisa memicu migrain.

Makanan Kaleng dan Berpengawet
Sebagian besar makanan kaleng dan makanan kemasan mengandung bahan pengawet seperti monosodium glutamate yang dapat memicu migrain. Kandungan nitrat pada berbagai makanan kemasan pun bisa memicu migrain. Jadi sebaiknya hindari atau minimal batasi konsumsinya ya.

Minuman beralkohol pun bisa jadi faktor pemicu migrain dan wajib dihindari kalau tak ingin makin tersiksa. Menjaga pola makan memang salah satu kunci penting agar terhindar dari migrain.  [vml]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Agar Terhindar dari Migrain, Jauhi 7 Jenis Makanan Ini

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top