Jumat, 25 Mei 2018 |
News Room - Pendidikan

Ada Sekolah Rusak di Daerah Anda, LAPOR!

Rabu, 06 Des 2017 | 19:07 WIB Dibaca: 354 Pengunjung

Koordinator Foksa Kabupaten Serang, Sukemi saat memberikan keterangan pers di Kota Serang, Rabu (6/12/2017).*

SERANG, [NEWSmedia] - Untuk menciptakan sekolah yang aman dan nyaman,YAPPIKA ACTION-Aids, Pattiro Banten dan FOKSA (Forum Komunitas Sekolah Aman) melakukan sosialisasi terhadap kanal pengaduan sekolah rusak yang terintegrasi dengan sistem LAPOR! milik Kantor Staf Presiden.

Setiap laporan yang masuk, nantinya, akan diteruskan ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menjadi database milik kementerian tersebut melalui kanal www.lapor.go.id atau dengan mengunduh aplikasi LAPOR! di mobil app melaui Android, Blackberry dan iPhone.

"Dalam hal ini, kami mengajak masyarakat untuk berani menyuarakan aspirasi, agar hak-hak mereka terhadap pendidikan yang berkualitas terpenuhi," kata Koordinator Foksa Kabupaten Serang, Sukemi saat jumpa pers di Kota Serang, Rabu (6/12/2017).

Ia mengatakan, Foksa yang berdiri pada tanggal 04 Oktober 2017, adalah tempat berkumpul bagi beberapa kelompok masyarakat di Kabupaten Serang yang peduli terhadap pendidikan dan kondisi sekolah di sekitar tempat tinggalnya.

"Kami menyadari bahwa pendidikan berkualitas, salah satunya ditunjang oleh ruang kelas yang aman dan nyaman dan itu merupakan hak dasar yang harus disediakan oleh pemerintah dan diterima oleh masyarakat," terangnya.

Sementara itu, Manager YAPPIKA Action-Aids, Hendrik Rosdinar mengungkapkan, satu dari lima ruang kelas SD di Kabupaten Serang dalam kondisi rusak berat dan menyebabkan tuha dari 10 siswa terancam keselamatan dan kesehatannya.

"Adanya aspirasi dari masyarakat diharapkan dapat membantu pemerintah, khususnya Pemerintah Kabupaten Serang, dalam pemetaan ruang kelas rusak dan menentukan prioritas perbaikan atau pembangunan, sehingga target dari pemerintah, dapat tercapai," jelasnya.

Di tempat yang sama, Direktur Eksekutif Pattiro Banten, Ari Setiawan merekomendasikan agar Kabupaten Serang melakukan beberapa hal berikut, di antaranya, Pemkab Serang perlu lebih konsisten dalam perencanaan dan penganggaran program dan atau kegiatan pada urusan pendidikan. Kedua, Pemkab Serang juga perlu meningkatkan kembali komitmennya terhadap urusan pendidikan dengan, pertama-tama, meningkatkan jumlah alokasi Anggaran Pendidikan.

"Ketiga, Pemkab Serang perlu meninjau proporsi anggaran belanja langsung dan belanja tidak langsung pada Anggaran Pendidikan agar lebih proporsional dan terakhir, Pemkab Serang perlu meningkatkan alokasi anggaran dan serapan anggaran pada kegiatan dengan hasil berbentuk fisik yang biasanya berkaitan dengan rehabilitasi dan pembangunan ruang kelas," pungkasnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Ada Sekolah Rusak di Daerah Anda, LAPOR!

BERITA TERKAIT

POLRES SERANG KOTA NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top