Kamis, 25 Februari 2021 |
News Room

11 Ribu Lowongan Kerja Dibuka untuk 452 Ribu Pengangguran di Banten, Minat?

Jumat, 04 Nov 2016 | 11:07 WIB Dibaca: 2101 Pengunjung

Plt Gubernur Banten Nata Irawan (kedua dari kanan) saat membuka Job Fair 2016 di halaman Masjid Al-Bantani, Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), Kota Serang, Kamis (3/11/2016).*

SERANG, [NEWSmedia] - Tingginya pengangguran masih menjadi perhatian bagi Pemerintah Provinsi Banten. Pada 2016, jumlah warga Banten yang belum bekerja (pengangguran) tercatat mencapai 452.000 orang.

“Kita melihat data BPS bahwa pengangguran di Banten cukup tinggi, saat ini sebanyak 452.000 orang di Banten,” Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Banten, Nata Irawan saat membuka Job Fair 2016 di Lapangan Masjid Al-Bantani, Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), Kota Serang, Kamis (3/11/2016).

Nata berharap job fair pada tahun ini dapat mengurangi tingginya angka pengangguran di Provinsi Banten. Dalam job fair ini, ada sebanyak 38 perusahaan di Provinsi Banten yang membuka lowongan kerja, dengan jumlah 11.454 lowongan pekerjaan.

Beberapa perusahaan yang ikut serta dalam Job Fair Banten 2016 ini di antarnaya PT Krakatau-Posco, Trans Vision, Bank Panin, PT Lippo General Insurance, PT Garuda Maintenance Facility Aerosia, serta Imperial Club Golf.

“Yang masih mencari pekerjaan di Banten sebanyak 452 ribu. Job fair ini membuka peluang kepada masyarakat Banten untuk bekerja. Kami berharap angka pengangguran di Banten dapat terus berkurang dari tahun ke tahun,” ujar Nata Irawan.

Ia mengakui, pengangguran masih menjadi persoalan di Provinsi Banten. Rekrutmen tenaga kerja juga tidak mudah karena terkendala oleh beberapa hal, seperti kualitas pendidikan (kompetensi) dan kesehatan masyarakat.

“Tentu persoalan tenaga kerja terkait pendidikan juga kesehatan. Persoalan pendidikan dan kesehatan menjadi kesatuan, kalau dia (pencari kerja) tidak sehat dan tidak terdidik maka peluang untuk bekerja menjadi tipis,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Banten Alhamidi mengungkapkan, di Banten terdapat 13.853 perusahaan yang terdiri dari perusahaan berskala kecil dan berskala besar.

“Hampir dua pertiga perusahaan di Banten ada di wilayah Tangerang. Tren angka pengangguran menurun, semoga ke depan dapat terus turun dengan program dari Disnaker,” kata Alhamidi. [ildhan]

Penulis: Ildhan Firmansyah
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

11 Ribu Lowongan Kerja Dibuka untuk 452 Ribu Pengangguran di Banten, Minat?
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top