Kamis, 04 Juni 2020 |
Kesehatan - News Gallery

9 Tanda Jika Anda Mengalami 'Eating Disorder'

Kamis, 02 Mar 2017 | 00:02 WIB Dibaca: 792 Pengunjung

Foto Ilustrasi

[NEWSmedia] - Mungkin Anda pernah mendengar atau membaca, bahwa eating disorder merupakan suatu kondisi yang dipilih oleh seseorang. Namun sebenarnya, eating disorder alias gangguan makan ini merupakan penyakit mental yang serius, disebabkan oleh kombinasi dari beberapa faktor biologis, lingkungan, serta psikologis. Kondisi ini bisa menyerang siapapun, tak peduli jenis kelamin, usia, etnis, ataupun status sosial ekonomi seseorang.

Selain itu, masalah ini juga tidak hanya dialami oleh seseorang dengan berat badan yang kurang, tetapi juga bisa dialami oleh seseorang dengan berat badan berlebih. Lalu apa saja tanda-tanda yang harus diwaspadai untuk mengetahui bahwa Anda mungkin memiliki masalah eating disorder?

Untuk mengetahuinya, berikut ini adalah sembilan tanda waspada dari masalah eating disorder, seperti dilansir dari lpt, Rabu (1/03/2017) ini:

1. Penurunan berat badan yang signifikan, atau jika pada anak-anak yang sedang dalam masa tumbuh, mereka tidak berhasil untuk menambah berat badannya.

2. Keasyikan makan hingga mengganggu kemampuan untuk berkonsentrasi.

3. Melakukan binge eating (mengonsumsi makanan dalam jumlah yang sangat sangat banyak dalam satu waktu), memuntahkan kembali makanan dari dalam perut, ataupun menggunakan laksatif (pencahar makanan).

4. Senang menyembunyikan makanan atau makan secara diam-diam.

5. Menolak mengonsumsi suatu makanan ataupun mengalami kecemasan yang ekstrim untuk makan di depan orang lain.

6. Mengikuti aturan diet yang ketat dan mengalami kecemasan yang ekstrim jika melanggarnya.

7. Menghindari makanan yang sebelumnya dinikmati dan disukai.

8. Menarik diri dari lingkungan sosial, sekolah, ataupun dari kewajiban bekerja hanya untuk berolahraga.

9. Kecemasan yang terjadi secara signifikan, serta memiliki kesadaran penuh pada bentuk tubuhnya dan ukuran.

Apa yang Harus Dilakukan?

Lalu, bagaimana jika ternyata Anda mengalami beberapa tanda di atas? Anda mungkin akan merasa takut atau mungkin Anda tidak mau mengakuinya. Namun sebenarnya, langkah pertama yang penting Anda lakukan ialah akui dahulu bahwa Anda memang memiliki masalah tersebut.

Apalagi eating disorder ini, bisa menyebabkan masalah kesehatan yang serius dan bahkan dapat mematikan.

Kemudian jika Anda sudah mengakuinya, langkah terbaik selanjutnya ialah mencari bantuan untuk menanangani masalah tersebut. Karena intervensi dini dapat meningkatkan kemungkinan Anda untuk pulih sepenuhnya.

Jadi, carilah bantuan dari seorang perofesional yang berkualitas. Pahamilah juga, bahwa untuk pulih kembali dan memiliki tubuh yang kembali sehat, memang memerlukan kerja keras, bahkan bisa mengalami pasang surut.

Pulih sepenuhnya dari eating disoder sebenarnya sangat mungkin terjadi pada diri Anda. Jadi, jangn pernah menyerah untuk terus berusaha. [lpt]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

9 Tanda Jika Anda Mengalami 'Eating Disorder'
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top