Sabtu, 16 Januari 2021 |
Kesehatan

8 Kesalahan yang Sering Terjadi saat Jalan Kaki

Senin, 23 Nov 2020 | 13:08 WIB Dibaca: 307 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Berjalan kaki merupakan olahraga yang paling mudah dan murah dilakukan. Namun, banyak orang melakukan kesalahan yang sering kali tak disadari saat berjalan kaki.

Hindari kesalahan umum ini agar manfaat jalan kaki dapat dirasakan dengan maksimal.

Berikut kesalahan yang paling sering terjadi saat jalan kaki:

1. Menggunakan sepatu yang salah

Gunakan sepatu olahraga yang tepat untuk berjalan kaki. Jangan gunakan sepatu untuk bermain bulutangkis, tenis, basket, atau voli saat jalan kaki. Pilih sepatu yang mendukung fleksibilitas tumit hingga ujung kaki untuk berjalan dengan nyaman. Cari pula sepatu yang empuk dan ringan, mempunyai aliran udara yang baik, dan tahan air.

2. Ukuran sepatu kurang pas

Banyak orang bertahan menggunakan sepatu yang kekecilan maupun kebesaran. Padahal, ukuran sepatu yang tidak pas akan memperberat langkah dan membuat jalan lebih sulit.

3. Menggunakan baju yang ketat

Selain sepatu, pakaian juga penting saat berjalan kaki. Pakaian yang terlalu ketat dapat membuat langkah menjadi berat dan keringat semakin bercucuran.

Gunakan pakaian yang longgar, nyaman, dan tidak basah karena keringat atau lembap.

4. Melewati rute yang sama

Melewati rute yang sama dapat menimbulkan kebosanan. Pilihlah rute yang berbeda setiap kali berjalan kaki, misalnya mencoba rute yang mendaki atau menurun. Cara ini dapat memperbaiki suasana hati dan juga memberikan tantangan baru pada otot dan sendi.

5. Musik terlalu keras

Ilustrasi mendengarkan musik. (StockSnap/Pixabay)

Musik sering kali jadi teman saat berjalan kaki. Namun, banyak orang memutar musik terlalu keras sehingga dapat membahayakan keselamatan.

Musik yang terlalu keras membuat Anda tidak sadar akan situasi sekitar misalnya gonggongan anjing atau kendaraan melintas dengan kecepatan tinggi.

6. Melihat ponsel

Berjalan kaki sambil melihat telepon genggam juga membahayakan keselamatan. Jika Anda harus melihat ponsel, berhenti sejenak dan selesaikan segera. Setelah itu, lanjutkan kembali olahraga Anda.

7. Tidak menghitung langkah atau jarak

Banyak orang tidak menghitung langkah atau jarak yang sudah ditempuh saat berjalan. Padahal, langka dan jarak penting agar olahraga jalan menjadi lebih terukur.

8. Postur yang salah

Banyak orang berjalan dengan postur yang bungkuk. Pastikan Anda selalu berjalan dengan postur yang tegap untuk mencegah cedera.

Sebagaimana dilansir Web MD, cara olahraga jalan yang benar adalah menegakkan tulang belakang, memastikan mata selalu menghadap ke depan, dan bahu rileks.

Ayunkan lengan secara alami saat menginjakkan dengan ringan dari tumit dan ujung kaki.

Setelah berjalan kaki, lakukan pula pendinginan sederhana untuk menenangkan sendi dan otot setelah perjalanan panjang. [cnn]

Editor: Newsmedia
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

8 Kesalahan yang Sering Terjadi saat Jalan Kaki

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top