Kamis, 02 Juli 2020 |
News Room - Kesehatan

7 Tips Ampuh Tingkatkan Imunitas Tubuh untuk Cegah COVID-19

Senin, 09 Mar 2020 | 16:26 WIB Dibaca: 362 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Wabah virus korona (COVID-19) semakin meresahkan. Bahkan, hingga detik ini para ahli medis belum menemukan obat atau anti-virusnya.

Namun bukan berarti Anda harus berdiam diri dalam menghadapi COVID-19. Ada beberapa cara ampuh yang telah direkomendasikan Badan Kesehatan Dunia (WHO) untuk mencegah penularan virus korona.

Salah satunya dengan meningkatkan imunitas tubuh. Menurut laporan yang dikeluarkan oleh Harvard Health Publishing, imunitas tubuh yang sehat diklaim dapat mencegah seseorang dari paparan virus atau bakteri patogen pembawa penyakit.

Mereka juga menegaskan, imunitas tubuh yang baik bisa didapatkan dengan menerapkan pola hidup sehat dan bersih. Berikut  rangkumkan beberapa tips sederhana meningkatkan imunitas.

Tidur yang cukup

Meski terdengar mudah, namun masih banyak orang yang menyepelekannya Padahal mendapatkan istirihat atau tidur yang cukup merupakan elemen terpenting untuk mengembalikan imunitas tubuh. Hal ini telah diteliti dengan baik dan sudah dipublikasikan di berbagai jurnal ilmiah. Disebutkan bahwa, seseorang yang tidur selama kurang lebih enam sampai delapan jam tidur setiap malam, secara tidak langsung akan menerapkan gaya hidup sehat.

Konsumsi suplemen

Mengonsumsi suplemen dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Suplemen alami yang dipecaya membantu sistem kekebalan tubuh Anda, di antaranya vitamin C, E, dan makanan yang mengandung curcumin. Kandungan tersebut bisa Anda temukan di sejumlah tanaman herbal seperti kunyit, temulawak, serai, dan lain sebagainya. Tentu saja harus dilakukan proses konsultasi terlebih dahulu dengan dokter, agar suplemen itu sesuai dengan tubuh Anda.

Konsumsi sayuran dan buah-buahan

Buah-buahan dan sayuran segar kaya aka anti-oksidan yang ampuh untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Secara khusus buah-buahan yang dibutuhkan, antara lain jeruk, mangga, sampai buah aprikot. Kemudian untuk sayur-sayuran, Anda dapat mengonsumsi tomat, wortel, bayam, labu, kubis, dan brokoli.


Hindari makanan bergula

Anda mungkin tidak menyadari hal ini, tetapi beberapa studi telah menunjukan bahwa kelebihan gula bisa berbahaya. Ini bisa mempengaruhi imunitas tubuh dan lebih sulit melawan luka infeksi.

Hindari stres

Mengutip laman alodokter.com, stres tidak terkendali bisa meningkatkan produksi hormon kortisol. Dalam jangka panjang, peningkatan hormon kortisol dapat mengakibatkan penurunan fungsi kekebalan tubuh. Anda perlu mengelola stress dengan baik untuk menghindari penurunan fungsi kekebalan tubuh.

Rutin berolahraga

Setiap orang disarankan untuk rutin berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari. Cara ini ampuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi. Salah satu olahraga yang murah dan mudah untuk dilakukan adalah berjalan kaki.

Hindari rokok dan alkohol

Paparan asap rokok yang terlalu berlebihan juga dapat merusak imunitas tubuh. Itulah sebabnya banyak dokter yang mengklaim bahwa perokok memiliki risiko lebih tinggi mengalami infeksi paru, seperti bronkitis dan pneumonia. Tak hanya itu, bagi perokok yang juga pecandu alkohol, risiko untuk terkena infeksi paru akan semakin besar. [okz]

Editor: Newsmedia
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

7 Tips Ampuh Tingkatkan Imunitas Tubuh untuk Cegah COVID-19
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top