Senin, 26 Agustus 2019 |
Pariwisata

7 Tempat Wisata di Toraja dengan Keunikan Budaya dan Keindahan Alam

Senin, 12 Agt 2019 | 16:43 WIB Dibaca: 156 Pengunjung

Rumah Adat Toraja.*

[NEWSmedia] - Tempat wisata di Toraja sudah tidak perlu dipertanyakan lagi daya tariknya. Mulai dari wisata kebudayaan hingga wisata alam di Toraja menyuguhkan keunikan tersendiri yang tidak dimiliki oleh daerah lain.

Oleh karena itu, tempat wisata di Toraja menjadi salah satu favorit wisatawan untuk liburan. Keunikan bangunan-bangunan dan budayanya menjadi salah satu daya tarik yang unik dan tidak dimiliki daerah lainnya.

Tempat wisata di Toraja menjadi favorit karena keunikan budaya dan alamnya yang indah. Berbagai wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri telah berkunjung ke Tana Toraja yang terkenal ini. Toraja selalu ramai dikunjungi saat liburan dengan berbagai wisata yang disajikannya.

Kete Kesu

Salah satu tempat wisata di Toraja yang paling terkenal adalah Kete Kesu. Kete Kesu menawarkan pemandangan kumpulan rumah adat Tana Toraja atau yang bernama Tongkonan, di daerah perbukitan dengan hamparan sawah dan hutan hijau. Rumah adat Tongkonan ini digunakan untuk penyempanan sementara jenazah yang belum dimakamkan.

Selain itu, kamu juga akan menemukan tebing batu Kete Kesu yang merupakan kuburan batu peninggalan sejarah Tana Toraja. Kamu bisa melihat kuburan dan peti mati yang ada di tebing. Di tempat ini kamu juga bisa membeli berbagai cinderamata khas Tana Toraja yang harganya cukup murah.

Kawasan Wisata Ollon

Tempat wisata di Toraja selanjutnya adalah kawasan wisata Ollon. Sesuai namanya, tempat wisata di Toraja satu ini berlokasi di Desa Ollon. Di sini kamu akan disuguhkan pemandangan alam yang sangat indah berupa bukit-bukit Teletubbies. Kamu bisa bersantai menikmati pemandangan indah perbukitan berwarna hijau serta merasakan udara yang sejuk di tempat ini. Dengan tempatnya yang luas, kamu bisa mengajak keluarga ke kawasan wisata Ollon ini.

Londa

Londa merupakan sebuah tempat wisata di Toraja yang berlokasi di Desa Sandan Uai, 7 kilometer sebelah Selatan Kota Rantepao. Londa merupakan pemakaman yang terletak di sebuah tebing batu yang di dalamnya terdapat gua untuk makam.

Di gua tersebut terdapat peti mati dan jenazah, tulang, dan tengkorak yang berusia ratusan tahun. Di bibir tebing terdapat berbagai amacam pating kayu berbentuk seperti orang. Patung-patung tersebut merupakan patung dari setiap jenazah yang dimakamkan di Londa. Patung tersebut biasa disebut Tau Tau.

Air Terjun Talondo Tallu

Air Terjun Talondo merupakan salah satu tempat wisata di Toraja yang merupakan air terjun. Air terjun yang bercabang tiga ini sangat unik dan sangat indah untuk dijadikan background fotomu. Apalagi dengan air yang jernih dan dingin, kamu bisa menikmati suasana sejuk khas dataran tinggi di salah satu tempat wisata di Toraja ini. Percabangan pada Air Terjun Talondo Tallu ini terjadi karena pertemuan dua buah sungai.

Saat kamu sedang penat dengan rutinitas yang memusingkan kepala, tempat ini cocok dijadikan sebagai pelarian demi mendapatkan suasana yang nyaman. Bahkan tempatnya pun cukup jauh, karena kamu harus berjalan sejauh 8 kilometer untuk mencapainya. Perjuanganmu menuju tempat ini akan terbayar tuntas dengan keindahan dan kenyamanan yang diberikan oleh Air terjun ini.

Museum Ne’ Gandeng

Tempat wisata di Toraja selanjutnya adalah Museum Ne’Gandeng. Terletak di Desa Pelangi, Sa’dan Balusu, Toraja, Sulawesi Selatan, Museum ini telah terkenal banayk dikunjungi wisawatan lokal maupun wisatawan mancanegara. Dulunya, bangunan ini merupakan sebuah tempat pelaksanaan prosesi penguburan Ne’ Gandeng, salah satu leluhur tertua di Tana Toraja. Museum ini dibangun untuk menghormati kematian Ne’ Gandeng dan juga dibangun beberapa pondok untuk pemakaman warga Toraja.

Pango-Pango

Pango-pango merupakan tempat wisata di Toraja yang tergolong pada wisata agro. Tempat wisata ini ini menyajikan keindahan alam dan suasana sejuk dataran tinggi. Berlokasi di Kota Makale, tempat ini terletak di puncak bukit. Pango-Pango sering juga disebut dengan negeri di atas awan, karena dari sini kamu bisa mendapatkan sajian pemandangan lautan awan. Dengan menawarkan keasrian alamnya, kamu tidak akan menyesal mengunjungi tempat wisata di Toraja yang menakjubkan ini.

Batu Tumonga

Batu Tumonga merupakan salah satu tempat wisata di Toraja yang juga memiliki julukan negeri di atas awan. Karena letak Tana Toraja yang memang di dataran tinggi, maka banyak daerah yang menyajikan keindahan negeri di atas awan dengan keunikan masing-masing.

Desa satu ini menawarkan pemandangan alam dari Kota Rantepao yang bisa anda saksikan dari ketinggian mencapai 1300 M di atas permukaan laut.

Batu Tumonga terletak di Kabupaten Toraja Utara dan tentunya sayang sayang untuk dilewatkan. Dengan keindahan yang terdapat di Batu Tumonga ini, kamu akan betah berlama-lama, apalagi bila mengunjunginya pada sore hati sambil menikmati pemandangan dan udara sore yang indah. [lpt]

Editor: Newsmedia
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

7 Tempat Wisata di Toraja dengan Keunikan Budaya dan Keindahan Alam
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top