Selasa, 01 Desember 2020 |
Kesehatan - News Gallery

7 Tanda Gula Darah Tinggi

Kamis, 05 Jul 2018 | 06:32 WIB Dibaca: 597 Pengunjung

Foto ilustrasi

[NEWSmedia] - Kadar gula darah dalam darah memang memegang peranan penting bagi kesehatan seseorang. Jika tidak dikontrol, maka gula darah yang tinggi malah memicu risiko diabetes.

Namun, tidak banyak orang yang menyadari apabila gula darahnya naik. Biasanya, kenaikan gula darah terjadi karena gaya hidup yang tidak sehat, termasuk makanan dan kurangnya olahraga setiap hari.

Nah, jika kadar gula darah naik mendadak, pasti Anda akan mengalami gejala-gejala yang mengganggu aktivitas. Berikut ulasan beberapa tanda awalnya,

1. Mudah lelah

Mungkin ketika beraktivitas Anda mudah lelah dan terasa lemah. Ahli Diabetes Dr Adimoolam menyebutkan, gejala itu jadi salah satu tanda naiknya gula darah yang mudah dikenali orang awam. Kondisinya bisa semakin parah meski sudah istirahat cukup. Kalau sudah demikian, periksakan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

2. Sakit kepala

Bila Anda mengalami sakit kepala saat ini banyak faktor pemicunya. Salah satu yang paling mudah terjadi karena naiknya gula darah. Bahkan, pada beberapa orang bisa mengalami migrain. Anda harus segera konsultasi dengan dokter untuk menyelesaikan masalahnya.

3. Penglihatan kabur

Jumlah glukosa yang berlebih dalam darah Anda dapat mempengaruhi retina Anda. Ini menyebabkan kondisi yang disebut retinopati diabetik. Akibatnya, Anda mungkin melihat lingkungan sekitar terasa samar atau kabur, yang tentu mengganggu.

4. Sering buang air kecil

Adanya glukosa ekstra juga dapat mempengaruhi ginjal Anda. Padahal organ tersebut bertanggung jawab untuk mengeluarkan kelebihan air dari darah untuk menghasilkan air seni. Akibatnya, masalah tersebut dapat merusak pembuluh darah di ginjal Anda. Kemudian proses penyaringannya ini kurang efisien dan lebih sering ingin buang air kecil.

5. Rasa haus meningkat

Dr Adimoolam mengatakan, seseorang bisa saja tiba-tiba terasa haus tapi frekuensinya tidak wajar. Kemungkinan besar Anda mengalami kenaikan gula darah, namun sulit membedakan. Akibatnya, kalau sering haus Anda jadi sering minum. Lalu, jadilah sering buang air kecil tanpa terkontrol.

6. Kesulitan berkonsentrasi

Orang yang mengalami kenaikan gula darah juga bisa mengalami kesulitan berkonsentrasi. Hal ini jelas mengganggu pekerjaannya. Nah, peningkatkan gula darah tersebut bisa tiba-tiba terjadi usai makan atau kurang istirahat di siang hari.

7. Mulut kering

Karena sering haus jika tidak segera minum mulut jadi kering. Kondisi ini juga kerap dialami oleh penderita gangguan kadar gula darah. Kalau kerap mengalaminya, segera konsultasi ke dokter supaya lebih cepat mendapatkan solusi. [okz]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

7 Tanda Gula Darah Tinggi
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top