Minggu, 25 Agustus 2019 |
Kesehatan - News Gallery

7 Gejala Lupus yang Harus Diwaspadai

Selasa, 23 Jan 2018 | 00:04 WIB Dibaca: 269 Pengunjung

Foto ilustrasi

[NEWSmedia] - Tentu nama penyakit ini sudah tidak asing lagi di telinga kita. Ya, lupus adalah sebuah penyakit yang menyangkut dengan kekebalan tubuh, di mana sistem imun justru menyerang tubuh penderitanya sendiri, bukannya melindungi.

Dapat dikatakan, penyakit lupus adalah penyakit yang cukup berbahaya, bahkan hampir setara dengan kanker. Sayangnya, penyakit autoimun ini suluit diketahui gejalanya secara pasti, sebab tanda-tandanya nyaris sama dengan penyakit lain. Meski demikian, tidak ada salahnya untuk mengetahui tanda-tanda kehadiran penyakit ini sebelum semuanya terlambat.

Di bawah ini merupakan beberapa gejala penyakit lupus yang tidak harus Anda abaikan. Simak uraiannya sebagai berikut:

1. Flu tapi tak kunjung sembuh

Menurut Delphine Lee, MD, PhD, direktur Laboraturium Dirks / Dougherty, banyak orang menganggap demam, menggigil, dan nyeri otot merupakan tanda klasik flu biasa, tetapi mereka tidak menyadari bahwa itu juga bisa menjadi gejala awal lupus.

“Perbedaan antara flu dan lupus adalah flu akan membaik dalam empat sampai sepuluh hari,” katanya.

Ia juga mengatakan bahwa gejala lupus mungkin berlangsung selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan dalam siklus datang dan pergi. Jika Anda mengalami hal ini, segeralah pergi ke dokter untuk mengetahui secara pasti.

2. Turun berat badan meski tidak menjalani diet

Penurunan berat badan yang tiba-tiba memang terdengar seperti mimpi. Namun, jika itu benar terjadi, mungkin merupakan salah satu sinyal pertama dari penyakit lupus. Karena lupus adalah kelainan autoimun, menyebabkan sistem kekebalan tubuh menyerang penderitanya sendiri. Ia bisa menyerang kelenjar tiroid dan memengaruhi berat badan Anda. Dr Lee mengatakan bahwa penurunan berat badan adalah sasaran yang paling umum, tetapi lupus juga dapat menyebabkan penambahan berat badan bagi beberapa orang.

3. Ada benjolan di sekitar leher

Kelenjer getah bening adalah struktur berbentuk kacang kecil di seluruh tubuh yang membantu melawan infeksi dan menyaring zat berbahaya. Saat lupus datang, membuat kelenjar ini harus bekerja lebih ekstra. Akibatnya ia bisa jadi bengkak dan menyakitkan jika disentuh. Tempat yang paling umum untuk merasakannya ialah di leher, rahang, dan di belakang telinga, tetapi bisa juga membengkak di selangkangan, perut, ketiak, klavikula, dan tempat lainnya.

4. Ada ruam

Ruam merah di hidung dan pipi yang dipicu sinar matahari adalah salah satu gejala lupus yang unik, kata Dr Lee. Pada awalnya, mungkin terlihat seperti wajah yang memerah, tetapi jika ini adalah gejala lupus, maka ruam tersebut berlangsung lama setelah Anda meninggalkan sinar matahari.

5. Rambut jadi rontok

Salah satu gejala lupus yang paling menghancurkan adalah hilangnya mahkota Anda. Ya, rambut rontok bisa menjadi suatu tanda kehadiran lupus. Apalagi jika Anda kehilangan volume rambut secara signifikan dalam waktu singkat.

6. Tangan mudah dingin

Kata Dr Lee, banyak wanita memiliki tangan dan jari-jari yang dingin, tetapi jika kondisi tersebut sering terjadi bahkan menjadi biru karena saking dinginnya, maka bisa jadi ini adalah sindrom Raynaud. Sindrom ini merupakan penyakit yang memengaruhi sirkulasi di ekstremitas dan bisa jadi salah satu tanda lupus.

7. Sakit dada

Penyakit autoimun ini dapat menyebabkan pembengkakan di seluruh tubuh, termasuk di kantong yang ada di seluruh bagian jantung dan paru-paru, membuatnya jadi nyeri dada. Dr Lee menjelaskan, jika paru-paru Anda yang terkena, maka mungkin Anda juga mengalami sesak napas. [okz]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

7 Gejala Lupus yang Harus Diwaspadai

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top