Sabtu, 23 Januari 2021 |
Kesehatan - News Gallery

6 Trik Usir Kantuk Saat Menyetir Mobil

Kamis, 23 Mar 2017 | 01:03 WIB Dibaca: 1113 Pengunjung

Foto Ilustrasi

[NEWSmedia] - Saat hari sudah malam dan tubuh lelah, banyak orang sulit menahan kantuk saat menyetir mobil. Kemungkinan tertidur saat menyetir mobil pun bisa terjadi saat pergi subuh-subuh atau pulang tengah malam.

Rasa mengantuk saat menyetir mobil itu bisa amat membahayakan karena bila sampai tertidur bisa menyebabkan kecelakaan fatal. Berikut, enam trik agar tidak tertidur saat menyetir mobil, Rabu (22/3/2017).

1. Menepi dan bergerak

Saat menyetir mobil malam hari dengan kondisi sulit konsentrasi, bahkan membuka mata, segera cari rest area atau pom bensin atau tempat aman untuk berhenti.

Pinggirkan mobil sebentar, lalu keluar dari mobil dan lakukan pereganan selama beberapa menit. Hal ini berdampak membuat konsentrasi kita jadi lebih terjaga. Jika perjalanan jauh, lakukan aktivitas ini setiap dua jam.

2. Makan biji bunga matahari

Jika perlu, selama mengemudi Anda mengonsumsi sesuatu. Direktur Loma Linda University Sleep Disorders Center, Ralph Downey III, menyarankan mengonsumsi biji bunga matahari saat mengemudi. Mengonsumsi makanan ini membuat Anda akan berusaha saat membuka kulit untuk mendapatkan isi bunga matahari.

"Ketika otot-otot bergerak, hal ini membuat tubuh cenderung terus terjaga sehingga Anda tetap dapat menyetir mobil dengan terjaga," kata Downey mengutip laman Health.

Minta didampingi teman

3. Minum kopi

Sebelum tidur, para pakar melarang untuk minum kopi atau soda, tapi tidak berlaku bila akan menyetir mobil. Mengonsumsi kopi bisa meningkatkan tingkat kesadaran dan fokus selama beberapa jam ke depan.

4. Hindari alkohol dan obat-obatan

Saat akan menyetir tidak boleh mengonsumsi minuman alkohol. Selain itu tidak boleh juga mengonsumsi obat-obatan yang menyebabkan mengantuk. Jika memang perlu mengonsumsi obat tersebut, lakukan sesudah sampai tujuan.

5. Minta didampingi teman

Jika memang perjalanan yang akan ditempuh jauh, jangan ragu minta ada teman yang menemani. Anda akan memiliki seseorang yang diajak berbicara dan bernyanyi selama perjalanan.

6. Setop mengemudi

Jika Anda sudah benar-benar mengantuk dan tidak yakin bisa tetap bangun. Menepilah ke tempat aman seperti rest area atau pom bensin untuk tidur. [lpt]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

6 Trik Usir Kantuk Saat Menyetir Mobil

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top