Selasa, 11 Desember 2018 |
Pariwisata - News Gallery

6 Tips Menikmati Liburan di Kawasan 'Nyepi'

Kamis, 15 Mar 2018 | 17:01 WIB Dibaca: 330 Pengunjung

Pecalang (polisi adat) Hari Raya Nyepi.*

[NEWSmedia] - Akhir pekan ini umat Hindu di Indonesia akan merayakan Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1940 yang jatuh pada hari Sabtu (17/3). Tak hanya Bali, tahun ini Gunung Bromo juga mulai menutup kawasannya selama masyarakatnya lakukan prosesi Catur Brata Penyepian.

Catur Brata Penyepian bermakna berdiam diri saat Nyepi sambil melaksanakan empat pantangan, meliputi tidak melakukan kegiatan (amati karya), tidak menyalakan lampu atau api (amati geni), tidak bepergian (amati lelungan) serta tidak mengadakan rekreasi, bersenang-senang atau hura-hura (amati lelanguan).

Pulau Bali dan Gunung Bromo dipastikan senyap selama satu hari satu malam, terhitung mulai Sabtu (17/3) sejak pukul 06.00 WITA sampai dengan Minggu (18/3) pukul 06.00 WITA. 

Berikut adalah tips yang sebaiknya dilakukan jika ingin datang ke kawasan yang merayakan Hari Raya Nyepi.

1. Pastikan perbekalan aman untuk 36 jam

Selama Nyepi dipastikan tidak ada toko atau warung yang buka di Pulau Bali. Meskipun hanya berlangsung selama 24 jam, namun ada baiknya lebihkan perbekalan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. 

Selain makanan dan minuman, perhatikan juga obat-obatan. Jika terpaksa harus ke rumah sakit, bisa koordinasikan dengan pengelola tempat penginapan mengenai cara menuju ke sana.

2. Dilarang membuat kegaduhan

Walau tak merayakan Nyepi, bukan berarti bebas membuat kegaduhan. Jka ingin menghibur diri dengan menonton film atau menyalakan musik sebaiknya gunakan headset agar tidak menganggu lingkungan sekitar.

3. Jangan nekat keluar penginapan

Jangan pernah berpikir untuk nekat pergi ke tempat umum saat Nyepi. Pecalang (polisi adat) tidak segan-segan untuk menindak siapapun yang melanggar. Namun tamu hotel masih boleh berkegiatan di dalam komplek penginapannya.

4. Usahakan cahaya tetap redup

Bagi yang tidak melakukan Catur Brata Penyepian, silakan saja nyalakan lampu kamar penginapan namun harus tutup rapat tirai kamar. Selain itu usahakan cahayanya redup.

5. Sesuaikan jadwal keberangkatan atau kepulangan

Saat Nyepi berlangsung, dipastikan tidak akan ada aktivitas di bandara, pelabuhan, dan terminal. Jadi sebaiknya belilah tiket jauh-jauh hari sebelum atau sesudah Nyepi, kecuali jika memang ingin merasakan kesunyian lokasi pemberangkatan penumpang selama 24 jam.

6. Menikmati pertunjukan alam raya

Bagi yang ingin menyaksikan salah satu persembahan termegah alam raya, sebaiknya perhatikan langit saat Nyepi berlangsung. Pada malam hari, langit akan sedikit sekali terpapar polusi cahaya, sehingga gugusan bintang terlihat sangat jelas. Bahkan jika beruntung, bintang jatuh juga akan menampakan diri. [cnn]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

6 Tips Menikmati Liburan di Kawasan 'Nyepi'

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top