Selasa, 22 September 2020 |
Kesehatan - News Gallery

6 Tips Diet Ampuh yang Bisa Dilakukan saat Puasa

Senin, 11 Mei 2020 | 09:39 WIB Dibaca: 385 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] -  Puasa adalah saat yang tepat untuk melakukan diet. Puasa bisa membantu menjaga berat badan agar tetap ideal. Diet merupakan cara mengatur pola makan agar baik dan menyehatkan.

Menjaga pola makan pada saat puasa, adalah cara paling mudah dan ampuh yang bisa dilakukan, tanpa menyiksa diri sendiri. Diet saat puasa, tidak perlu dilakukan secara ekstrim. Sahabat Fimela tetap bisa mengonsumsi makanan dan minuman yang membuat perut kenyang.

Banyak sekali pilihan menu buka puasa dan menu sahur, yang bisa membantu mengontrol berat badan, agar berat badan tidak naik. Berikut 6 tips diet ampuh, yang bisa dilakukan saat puasa, yang sudah dirangkum dari beberapa sumber:

Hindari Makanan dan Minuman yang Mengandung Gula
Tips diet ampuh yang bisa dilakukan saat puasa, adalah menghindari makanan dan minuman yang mengandung gula. Karena gula tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Saat berpuasa seharian, kondisi perut akan kosong, jika mengonsumsi gula maka akan meningkatkan kadar insulin di dalam tubuh.

Mengonsumsi gula sangat tidak baik untuk tubuh, apalagi mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula tambahan. Memakan dan meminum yang mengandung gula akan menaikkan berat badanmu.

Jika mengkonsumsi gula tambahan dalam jumlah banyak, pada saat buka puasa, bisa menyebabkan timbunan lemak di dalam perut.

Tips diet ampuh dengan menghindari makanan dan minuman mengandung gula sangatlah mudah untuk dilakukan. Jika ingin mengonsumsi yang manis saat buka puasa, pilihlah untuk mengonsumsi buah-buahan yang bisa membuat tubuh sehat.

Hindari Mengonsumsi Gorengan
Tips diet ampuh yang bisa dilakukan saat puasa adalah menghindari mengonsumsi gorengan, pada saat buka puasa ataupun saat sahur. Karena gorengan mengandung lemak.

Walaupun gorengan seperti mendoan, bakwan dan tahu bisa menggugah selera, namun kandungan lemak dan kolesterol pada gorengan sangatlah tinggi.

Gorengan memiliki kandungan lemak jenuh, yang bisa memicu berat badan naik, dan juga bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

Untuk mengganti gorengan, konsumsilah makanan yang mengandung lemak tak jenuh, seperti kacang-kacangan dan buah-buahan.

Makanan yang mengandung lemak tak jenuh, lebih baik dan menyehatkan untuk dikonsumsi, daripada mengonsumsi gorengan.

Konsumsilah Makanan Mengandung Serat dan Protein
Tips diet ampuh yang bisa dilakukan saat puasa yang selanjutnya adalah mengonsumsi makanan berserat, dan makanan yang mengandung protein, untuk menjaga perut kenyang lebih lama.

Makanan yang mengandung serat dan protein, bisa membantu melancarkan sistem pencernaan, sehingga baik dikonsumsi saat buka puasa atau saat sahur.

Makanan yang mengandung protein, bisa didapatkan dari makanan yang mengandung protein hewani seperti daging-dagingan dan telur. Makanan berprotein juga bisa ditemukan pada makanan yang mengandung protein nabati seperti sayuran.

Makanan yang mengandung serat sangat baik untuk program diet. Makanan berserat bisa didapatkan dari mengonsumsi makanan dari gandum, atau mengonsumsi sayuran hijau.

Mengonsumsi Air Putih
Tips diet ampuh yang tidak boleh ditinggalkan adalah mengonsumsi air putih. Air putih adalah hal paling penting dilakukan, untuk membantu program diet saat puasa.

Mengonsumsi air putih dengan cukup, bisa membantu menjaga cairan yang ada di dalam tubuh. Tubuh yang kurang cairan bisa membuat program diet menjadi gagal.

Mengonsumsi air putih juga bisa membantu melancarkan sistem pencernaan. Sistem pencernaan yang lancar, bisa membantu menghilangkan lemak yang ada di dalam tubuh.

Konsumsilah air putih yang cukup pada saat buka puasa atau sahur, agar tubuh tidak kekurangan cairan. Minumlah air putih minimal 4 gelas saat sahur dan 4 gelas saat buka puasa.

Makan Secukupnya Pada Saat Buka Puasa dan Sahur
Tips diet ampuh selanjutnya adalah makan secukupnya pada saat buka puasa dan sahur. Agar tidak menyebabkan timbunan lemak berlebih, dan agar berat badan tetap terkontrol.

Walaupun seharian sudah berpuasa dan perut kosong, tetap kontrol asupan makanan pada saat buka puasa dan sahur. Konsumsilah makanan yang bergizi.

Mengonsumsi makanan yang terlalu banyak, juga bisa menyebabkan penyakit seperti asam lambung, yang bisa mengganggu Sahabat Fimela dalam menjalankan ibadah puasa.

Untuk itu makanlah secukupnya pada saat buka puasa dan sahur, banyaklah mengonsumsi makanan yang mengandung gizi seimbang, agar program diet tetap berjalan lancar.

Tetap Melakukan Olahraga
Agar diet tetap berjalan dengan lancar saat menjalankan puasa, lakukan olahraga secara rutin, untuk mengontrol berat badan tetap ideal.

Sahabat Fimela tidak perlu melakukan olahraga yang terlalu berat. Cukup melakukan olahraga selama 20 hingga 30 menit, bisa membantu mengontrol berat badan menjadi ideal.

Lakukan olahraga dengan intensitas rendah. Karena olahraga dengan intensitas tinggi, bisa menyebabkan sistem kekebalan tubuh melemah. [fml]

Editor: Newsmedia
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

6 Tips Diet Ampuh yang Bisa Dilakukan saat Puasa
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top