Kamis, 25 April 2019 |
Pariwisata - News Gallery

6 Museum Kece di Indonesia yang Bikin Anda Ingin Datang Lagi

Senin, 17 Des 2018 | 17:24 WIB Dibaca: 233 Pengunjung

Salah Satu Koleksi Museum Angkut.*

[NEWSmedia] - Kalau mendengar kata museum mungkin yang ada di benak banyak orang adalah tempat yang sepi dan membosankan. Museum seperti identik dengan hal-hal yang kuno dan ketinggalan zaman atau hanya berkaitan dengan sejarah masa lalu.

Anggapan itu mungkin sekarang sudah kurang tepat. Terbukti, saat ini di Indonesia sudah banyak museum yang menarik dan jauh dari kesan membosankan. Bahkan, kini banyak anak muda yang suka mengunjungi museum atau galeri seni.

Banyak museum yang jadi tren dan Instagramable di negeri ini. Dirangkum dari beragam sumber, berikut enam museum kece dan menarik di Indonesia yang harus Anda kunjungi dan pasti ingin datang lagi.

Museum MACAN

Sebagian orang, mungkin termasuk Anda, ada yang mengira kalau museum MACAN menampilkan koleksi hewan terutama macan dan sejenisnya. Faktanya ini adalah museum seni kontemporer yang indah dan menarik.

MACAN merupakan singkatan dari Modern and Contemporary Art in Nusantara. Museum ini baru dibuka untuk umum pada November 2017. Terletak di AKR Tower, kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, museum ini memiliki koleksi seni aliran kontemporer dan modern yang berasal dari benua Asia, Eropa, dan Amerika.

Museum MACAN menampilkan tema koleksi berbeda dalam periode waktu tertentu. Harga tanda masuk ke museum yang terdiri dari dua lantai ini berkisar dari Rp 80 ribu sampai Rp 100 ribu.

Museum De Mata Trick Eye

De Mata Trick Eye adalah museum 3D keren di Yogyakarta, terletak di XT Square, Jalan Veteran, Pandeyan, Yogyakarta. Di museum ini kita bisa berfoto dengan latar belakang Menara Eiffel, Tembok Besar Cina, maupun berbagai bangunan keajaiban dunia lainnya.

Pengunjung dapat merasakan sensasi tiga dimensi yang mengagumkan karena terasa seperti nyata. De Mata Trick Eye disebut-sebut sebagai museum 3D terbesar di dunia karena mempunyai sekitar 120 gambar tiga dimensi, sedangkan di negara lain paling banyak hanya 70 gambar.

Museum ini juga menampilkan gambar dengan tema olahraga, tokoh, binatang, superhero, roman, sirkus, ornamen, termasuk obyek wisata Tamansari dan Pagelaran Kraton Yogyakarta. Penempatan gambar memakai model labirin sehingga tidak membuat jenuh para pengunjung. Sebagian besar karya merupakan kreasi Petrus Kusuma dan karya mahasiswa seni rupa ISI Yogyakarta.

Museum Angkut

Di daerah Batu, Malang, Anda pasti terpesona dengan berbagai macam koleksi transportasi dari seluruh dunia yang ada di Museum Angkut. Museum transportasi yang dicap terbesar di Asia Tenggara ini, juga punya area yang sangat luas, indoor dan outdoor dengan desain dari berbagai negara.

Berkeliling seharian di Museum Angkut seperti membawa Anda berjalan-jalan keliling dunia. Tempat yang dibuka sejak Maret 2014 ini juga tercatat sebagai museum transportasi pertama yang ada di Asia dan sering dijadikan tempat event berbagai komunitas, syuting video klip dan dan foto pre-wedding.

Amazing Art World

Bandung juga punya museum yang menarik yaitu Amazing Art World yang merupakan museum 3D art terbesar di dunia. Koleksi lukisan yang berada di museum ini adalah karya seniman dari Korea. Lukisan tipuan mata ini akan membuat hasil foto yang diambil jadi luar biasa atau amazing.

Kita bisa bergaya seolah sedang berselancar atau berfoto dengan hewan-hewan besar seperti kingkong. Museum serupa sudah sukses di Tiongkok, Korea, dan Filipina. Kalau ingin berwisata ke Amazing Art World Bandung, datang aja ke Jalan Setiabudi No 239 Bandung.

Ada 8 konsep atau tema yang disuguhkan di Amazing Art World, di antaranya adalah Aqua Zone yang menunjukkan keindahan alam bawah laut. History Zone dengan sejarahnya, ada juga Animal Zone yang berisi beragam lukisan hewan. Museum yang berlokasi di Jalan Setiabudi no. 239, Bandung, Jawa Barat ini buka setiap hari.

Museum Moja

Jakarta baru saja mempunyai museum baru yaitu Museum Moja yang terletak di Jalan Metro Pondo Indah, Pondok Pinang Jakarta Selatan. Museum yang unik dan Instagramable ini bertema sinema atau movie, dan merupakan museum pertama di Indonesia yang bertema sinema.

Tempat ini merupakan perpaduan Seni dan Movie sehingga bisa dinikmati kalangan milenial, anak-anak sampai orang tua. Di museum yang baru dibuka pada pertengahan Oktober 2018 ini, ada 14 ruangan yang semuanya bertema sinema dan bisa menjadi lokasi untuk berfoto. Terletak tak jauh dari Mal Pondok Indah, Museum Moja buka setiap hari dengan harga tiket masuk sekitar Rp 90 ribu-Rp 100 ribu.

Alive Museum Jakarta

Museum 3D juga ada di Jakarta yaitu Alive Museum yang berlokasi di Ancol. Lukisan-lukisan tiga dimensi yang bisa dijadikan latar belakang foto adalah lukisan 3D keren dengan tema fantasi, travel, sirkus, horor, dan tema ekstrem yang bisa bikin banyak orang terpana dengan hasil foto Anda.

Alive Museum Ancol ini merupakan cabang dari Alive Museum Korea yang juga terdapat di beberapa negara lain seperti Singapura, Thailand, Vietnam, Tiongkok, dan Turki. Lukisan-lukisan yang terdapat di sini dibuat dan dibawa langsung dari Korea. Bedanya dengan museum lainnya, di Alive Museum ini ada lukisan 3D Monas, ikon kota Jakarta.

Alive Museum juga dijuluki Madame Tussaud versi Indonesia, kaena mempunyai lebih dari 50 patung lilin tokoh-tokoh dunia. Mulai dari bintang Hollywood, K-Pop, superhero seperti Spiderman dan Batman, sampai dengan tokoh-tokoh dunia lainnya seperti Presiden Obama, Prince William, dan Mahatma Gandhi. Museum ini terletak di Ancol Beach City Lifestyle Mall lantai 3 di kawasan Ancol, Jakarta Utara. [lpt]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

6 Museum Kece di Indonesia yang Bikin Anda Ingin Datang Lagi
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top