Jumat, 22 September 2017 |
Kesehatan - News Gallery

6 Masalah Kesehatan yang Terlihat dari Kondisi Payudara

Sabtu, 16 Sept 2017 | 01:06 WIB Dibaca: 246 Pengunjung

Foto ilustrasi

[NEWSmedia] - Tahukah Anda bahwa payudara dapat memberikan informasi tentang apa yang terjadi di dalam tubuh? Memperhatikan payudara Anda adalah cara yang baik untuk memantau kesehatan secara keseluruhan. Jika Anda melihat sesuatu yang tidak biasa, maka Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda.

Payudara berkembang saat kita mengalami masa pubertas, tapi terus berubah seiring berjalannya waktu. Perubahan dalam diet, olahraga dan gaya hidup juga dapat menyebabkan perubahan halus pada payudara. Artikel berikut ini akan memberi tahu Anda tentang masalah kesehatan dapat dilihat melalui payudara.

1. Ukuran payudara

Peningkatan ukuran payudara dapat disebabkan oleh penambahan berat badan, pil KB, dan perubahan hormon selama siklus bulanan. Peningkatan ukuran payudara Anda umumnya menunjukkan kenaikan berat badan dan sebaliknya. Ukuran payudara juga bisa meningkat sesaat sebelum menstruasi atau jika sedang hamil.

2. Bentuk payudara

Diet yang ekstrem dan Berat badan yang naik turun secara fluktuatif dapat meningkatkan risiko terkulainya payudara. Payudara yang menggantung juga bisa disebabkan oleh usia karena ligamen mulai meregang dan kulit Anda mulai kehilangan elastisitasnya.

3. Payudara sakit dan nyeri

Rasa sakit dan nyeri pada payudara biasanya disebabkan oleh sindrom pramenstruasi atau PMS. Jika Anda menderita sakit payudara sebelum menstruasi, Anda mungkin harus menanggung rasa sakit ini selama bertahun-tahun. Inilah yang dikatakan payudara Anda tentang kesehatan Anda.

4. Payudara Abnormal

Perubahan payudara yang tiba-tiba dan tidak dapat dijelaskan biasanya mengindikasikan masalah kesehatan serius. Benjolan yang muncul mendadak, puting susu mengeluarkan cairan secara spontan dan lainnya adalah hal-hal yang tidak boleh Anda abaikan dan sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter Anda.

5. Puting masuk ke dalam

Puting masuk ke dalam (inverted nipple) ini normal jika sudah terbalik dari awal. Jika Anda mengalami masalah ini secara mendadak, maka Anda perlu segera ke dokter. Kanker payudara atau terjadinya infeksi bisa menjadi alasan utama.

6. Perubahan warna

Sebagian besar kanker payudara stadium lanjut dapat menyebabkan perubahan warna kulit. Tapi perubahan warna juga merupakan tanda kehamilan saat puting dan areola membesar dan berwarna lebih gelap. [lpt]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

LAINNYA

7 Tanda Haid yang Tidak Normal, Wajib Cek Ini!
Kamis, 21 Sept 2017 | 09:30 WIB
7 Tanda Haid yang Tidak Normal, Wajib Cek Ini!
5 Bahaya yang Mengintai di Balik Nikmatnya Vape
Kamis, 21 Sept 2017 | 06:32 WIB
5 Bahaya yang Mengintai di Balik Nikmatnya Vape
6 Makanan Terbaik Untuk Meringankan Sakit Perut
Kamis, 21 Sept 2017 | 01:05 WIB
6 Makanan Terbaik Untuk Meringankan Sakit Perut
Menguak Penyebab Kanker Payudara pada Pria
Kamis, 21 Sept 2017 | 00:05 WIB
Menguak Penyebab Kanker Payudara pada Pria

KOMENTAR

6 Masalah Kesehatan yang Terlihat dari Kondisi Payudara

BERITA TERKAIT

Top