Sabtu, 17 November 2018 |
Pariwisata - News Gallery

6 Langkah yang Harus Dilakukan Jika Barang Bagasi Hilang

Rabu, 07 Nov 2018 | 17:09 WIB Dibaca: 109 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Tak bisa dipungkiri bahwa melakukan perjalanan menggunakan pesawat jauh lebih cepat dan nyaman. Namun sayangnya, beberapa peristiwa seperti kehilangan barang bawaan di bagasi saat penerbangan juga sangat mungkin terjadi.

Tercatat bahwa 3 dari 1.000 barang bawaan yang masuk di bagasi pesawat hilang. Jika hal itu terjadi pada Anda, ada baiknya untuk mengambil beberapa tindakan berikut ini seperti yang dilansir dari laman Reader Digest.

1. Segera laporkan koper Anda yang hilang

Penting untuk melaporkan ketika Anda kehilangan koper terutama saat melakukan penerbangan malam. Memang akan melelahkan jika Anda mengalami insiden tersebut pada larut malam. Tetapi Anda harus melakukannya, sebab banyak maskapaipenerbangan yang mengharuskan Anda melaporkan bagasi Anda yang hilang dalam jangka waktu tertentu.

Waktu yang paling singkat adalah empat jam untuk menerima klaim. Menurut laporan Bagasi 2016 oleh SITA, 79 persen dari semua kesalahan penanganan kehilangan bagasi hanya karena menunda melapor. Segera laporkan tas Anda yang hilang, catat nomor identifikasi mereka di catatan klaim bagasi Anda, sehingga Anda bisa mendapatkannya kembali sesegera mungkin.

2. Buatlah daftar barang-barang yang Anda bawa

Menurut laporan SITA 2015, rata-rata maskapai penerbangan menemukan barang bawaan yang tertinggal dan segera menghubungi pemiliknya untuk mengembalikannya kurang dari dua hari.

Meskipun kemungkinan tas Anda akan segera ditemukan, namun tak ada salahnya jika Anda membuat daftar apa saja isi tas Anda. Ini akan berguna ketika Anda benar-benar kehilangan tas bawaan Anda di bandara sehingga Anda dapat mengajukan klaim penggantian.

3. Minta penggantian pembayaran untuk pembelian barang sampai tas kembali

Sebagian besar maskapai akan menyediakan kebutuhan dasar yang Anda beli saat menunggu tas Anda. Mulai dari perlengkapan mandi, pakaian dalam, dan pakaian gratis.

Condé Nast Traveler menyarankan, penting memeriksa mengenai kebijakan tersebut, dan selalu siapkan daftar barang yang Anda beli, tanda terima, catatan klaim bagasi, dan tanda terima tiket Anda. Periksa pula tata cara meminta penggantian uang dan tunggu satu bulan atau lebih untuk mendapatkan uang refund.

4. Mendapatkan pengembalian uang untuk biaya bagasi

Anda berhak mendapatkan uang Anda kembali, jadi pastikan untuk meminta pengembalian uang dari maskapai penerbangan. Beberapa perusahaan kartu kredit juga akan memberikan penggantian untuk pembelian atau barang yang diperlukan di dalam bagasi jika itu hilang secara permanen, tergantung pada apakah Anda menggunakan kartu itu untuk memesan tiket pesawat.

5. Pantau proses pencarian tas

Pastikan untuk menindaklanjuti dengan perusahaan penerbangan tentang perkembangan proses pencarian tas Anda. Perhatikan apakah mereka telah menemukannya dan bagaimana cara untuk mendapatkan tas Anda kembali.

6. Jika tas Anda hilang, ajukan klaim

Jika maskapai tidak dapat menemukan bagasi Anda dan secara resmi dinyatakan hilang, maskapai harus mengembalikan uang Anda untuk tas dan isinya, sesuai dengan undang-undang Departemen Transportasi. Di sinilah daftar barang-barang di tas itu berguna, tetapi ingat bahwa maskapai kemungkinan tidak akan membayar barang-barang Anda secara penuh.

Sebaliknya, mereka akan membayar setengah harga, karena barang kemungkinan sudah dimiliki dan digunakan oleh Anda sebelumnya. Penting untuk berkomunikasi dengan perwakilan dari maskapai Anda untuk memahami kebijakan dana refund. [viva]

Editor: Newsmedia
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

6 Langkah yang Harus Dilakukan Jika Barang Bagasi Hilang

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top