Senin, 21 Mei 2018 |
Kesehatan - News Gallery

6 Kaya Manfaat Dari Kulit Buah dan Sayuran Ini

Sabtu, 18 Mar 2017 | 06:32 WIB Dibaca: 624 Pengunjung

Foto Ilustrasi

[NEWSmedia] - Banyak orang mengupas kulit buah dan sayur terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Padahal, pada kulit buah dan sayur tertentu terdapat nutrisi seperti vitamin, mineral, dan antioksidan yang besar.

Berikut enam buah dan sayur yang sebaiknya hanya dicuci bersih tanpa perlu dikupas sebelum dimakan:

1. Apel

Pasti Anda sudah tahu kulit buah apel tidak perlu dikupas. Jika kulit apel dikupas sama saja menghilangkan kandungan Vitamin C yang besar serta serat yang membantu menurunkan kolesterol buruk LDL dan gula darah.

2. Wortel

Wortel tumbuh di dalam tanah, sehingga nampak kotor. Alhasil, banyak orang mengupas kulit wortel tebal-tebal agar bersih.

Padahal pada lapisan di bawah kulit ada kaya polyacetylen. Ini adalah senyawa yang bisa membunuh sel-sel kanker, antibakeri, antijamur, dan antiperadangan.

Agar kandungan polyacetylen tidak hilang, ada baiknya saat mengupas kulit wortel tipis saja.

3. Kentang

Kulit kentang memiliki banyak serat, zat besi dan asam folat lebih banyak dibanding daging kentang. Tak cuma itu, kulit kentang juga mengandung 5-10 kali mengandung lebih banyak antioksidan dibanding daging seperti diungkap peneliti dari University of Maine, Amerika Serikat.

4. Mentimun

Jangan kupas kulit mentimun, tapi lebih baik cuci bersih di bawah air mengalir. Lapisan kulit mentimun itu kaya kalsium, magnesiu, fosfor, kalium, vitamin A, dam vitamin K. Jika kulit mentimun dikupas, sayang sekali kan nutrisi tersebut hilang.

5. Terong

Kulit terong kaya dengan antioksidan bernama nasunin. Manfaat senyawa tersebut baik untuk menjaga kesehatan jaringan otak seperti disampaikan U.S. National Library of Medicine and National Institutes of Health.

6. Anggur

Eittss... Tak perlu kupas kulit buah anggur. Usai dicuci langsung hap dikonsumsi. Kulit anggur mengandung resveratrol fitokimia yang bermanfaat bagi jantung dan otak. [lpt]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

6 Kaya Manfaat Dari Kulit Buah dan Sayuran Ini
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top