Senin, 26 Agustus 2019 |
Kesehatan - News Gallery

6 Cara Ini Ampuh Mencegah Hipertensi

Jumat, 29 Jun 2018 | 06:32 WIB Dibaca: 223 Pengunjung

Foto ilustrasi

[NEWSmedia] - Tekanan darah tinggi atau sering juga disebut hipertensi, merupakan masalah kesehatan yang dapat memicu berbagai penyakit berbahaya, termasuk penyakit jantung, stroke, hingga ginjal. Diperkirakan satu dari tiga orang di Amerika menderita hipertensi.

Menurut para ahli, ada beberapa cara ampuh untuk mengontrol tekanan darah tinggi. Salah satunya dengan menerapkan gaya hidup sehat. Mengonsumsi makanan bernutrisi yang diimbangi dengan olahraga teratur, telah terbukti dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Daripada penasaran, yuk simak 6 cara mencegah hipertensi yang wajib Anda ketahui.

Perhatikan berat badan

Salah satu hal terpenting untuk mencegah tubuh dari serangan hipertensi adalah menjaga berat badan yang ideal. Bagi Anda yang merasa kelebihan berat badan, cobalah untuk menurunkannya secara perlahan. Dr. Ogedegbe mengatakan, menurunkan berat badan 4,5kg dapat mencegah Anda dari tekanan darah tinggi. Oleh karena itu, berkonsultasilah dengan dokter atau ahli gizi profesional mengenai jumlah berat badan yang ideal untuk Anda.

Terapkan program diet seimbang

Mengonsumsi makanan sehat juga dapat membantu mengendalikan tekanan darah atau hipertensi Anda. Perbanyaklah konsumsi buah dan sayuran, terutama yang kaya potassium, serta batasi asupan kalori, lemak, dan gula yang berlebihan. Jika Anda benar-benar serius ingin mencegah hipertensi, Anda bisa menerapkan Dietary Approaches to Stop Hypertension (DASH) yang telah terbukti ampuh mengelola tekanan darah.

Kurangi asupan garam

Bagi sebagian orang, membatasi konsumsi garam ternyata dapat membantu mereka menjaga tekanan darah. “Semakin tinggi asupan natrium, semakin tinggi pula tekanan darah Anda,” tutur Dr. Ogedegbe. Untuk mengakalinya, Anda bisa mengurangi total asupan garam dengan menghindari makanan kemasan dan yang bersodium tinggi. “Saya selalu menyarankan agar orang-orang menjauh dari salt shakers,” tambah Ogedegbe.

Olahraga secara teratur

“Aktivitas fisik sangat penting untuk mencegah hipertensi,” papar Ogedegbe. Semakin banyak Anda berolahraga, maka akan semakin baik pula tubuh dalam mengontrol tekanan darah. Lakukanlah olahraga ringan selama kurang lebih 30 menit sebanyak tiga kali dalam seminggu.

Batasi konsumsi alkohol

Mengonsumsi terlalu banyak alkohol diklaim dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Oleh karena itu batasilah konsumsi minuman beralkohol Anda, tidak lebih dari satu gelas sehari.

Cek tekanan darah

Pastikan tekanan darah Anda selalu diperiksa secara rutin. Pasalnya, tekanan darah tinggi sering terjadi tanpa gejala sama sekali, jadi hanya tekanan darah yang dapat menginformasikan apakah hipertensi Anda sedang meningkat. Selain itu, jika dokter mengklaim bahwa Anda memiliki prehipertensi, mereka biasanya akan merekomendasikan sejumlah solusi. [okz]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

6 Cara Ini Ampuh Mencegah Hipertensi

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top