Senin, 18 Januari 2021 |
News Room - Pemerintahan

59 Kelurahan di Kota Serang Masih BAB Sembarangan

Selasa, 05 Jan 2021 | 17:52 WIB Dibaca: 186 Pengunjung

Ilustrasi.*

SERANG, [NEWSmedia] - Persoalan buang air besar sembarangan masih menjadi pekerjaan rumah yang harus diselesaikan oleh Pemerintah Kota Serang di Tahun 20201.

Kabid Kesehatan Dinkes Kota Serang, Leni Suryani mengatakan, dari 67 kelurahan di Kota Serang, baru delapan kelurahan yang seluruh wargnya memiliki jamban keluarga.

“Masih PR banget, kan itu ada 67 kelurahan dan baru 8 yang Bebas Buang Air Besar Sembarangan (Stop BABS) atau Open Defecation Free (ODF) dan ini bagaimana lurahnya,” kata Leni di Pemkot Serang, Selasa (5/1/2020).

Ia mengatakan, delapan kelurahan tersebut adalah Kelurahan Sumur Pecung, Cipare, Banjar Agung, Dalung, Serang, Panancangan, Lopang, dan Banjar Sari. 

“Sisanya sedang diupayakan tapi bagaimana komitmen dari kelurahannya, mereka komitmen atau tidak,” jelasnya.

Ia mengungkapkan, banyaknya masyarakat Kota Serang yang masih BAB sembarangan, lantaran mereka menilai jamban keluarga belum terlalu penting.

“Iya masyarakat masih menilai itu belum penting, harusnya dada kontribusi dari masyarakat untuk membeli jamban sendiri tapi dikerjain bareng-bareng dengan masyarakat lain biar ada swadaya masyarakatnya,” ungkapnya.

Ia menerangkan, meski Pemkot Serang pernah mendapat bantuan 1.000 jamban dari Iriana Jokowi, namun hal tersebut belum memenuhi kuota yang ada di Kota Serang.

“Yang Jokowi itu 1.000 belum di pasang semua, masih bertahap, kan kita ada 29.000 jadi ada 28.000 lagi. PR nya masih banyak,” pungkasnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

59 Kelurahan di Kota Serang Masih BAB Sembarangan

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top