Jumat, 26 April 2019 |
News Room - Pemerintahan

50 Anggota Dewan Bolos, Paripurna LKPJ Gubernur Banten Dipending 2 Kali

Sabtu, 06 Apr 2019 | 13:05 WIB Dibaca: 326 Pengunjung

Suasana rapat paripurna DPRD Banten, Sabtu (6/4/2019). (Foto: Lipdok ARTP Banten)

SERANG, [NEWSmedia] - Sidang Paripurna Pengambilan Keputusan atas Persetujuan DPRD tentang Penetapan Rekomendasi terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Gubernur Banten Akhir Tahun Anggaran 2018 yang diagendakan Sabtu (6/4/2018) pagi di ruang paripurna DPRD Banten terpaksa harus dipending sebanyak dua kali. Hingga siang, banyak dewan yang tidak hadir sehingga rapat tidak memenuhi kuorum.

Berdasarkan daftar hadir, dari jumlah 85 anggota DPRD Provinsi Banten, hingga pukul 12.00 WIB, baru ada 31 orang yang hadir, sedangkan 54 lainnya belum ada.

"Berdasarkan catatan sekretariat DPRD Provinsi Banten dan Peraturan DPRD Banten pasal 155 ayat 1 tahun 2018 tentang tata tertib, rapat paripurna tidak memenuhi kuorum," kata Wakil Ketua DPRD Banten Adde Rosi Khoerunnisa yang menjadi pimpinan sidang.

Dengan melihat kondisi tersebut, rapat pun diskors selama 15 menit. Sementara Gubernur Banten Wahidin Halim yang sudah tiba di Gedung DPRD Banten sejak pukul 10.00 WIB terpaksa harus menunggu.

"Rapat ditunda dua kali dengan rentang waktu tidak lebih dari satu jam," kata Adde Rosi sambil mengetuk palu tanda sidang ditunda.

Untuk diketahui, jumlah anggota DPRD Banten yang hadir hingga pukul 12.00 WIB adalah sebagai berikut:

- Fraksi PDI-P: Hadir 6 orang, tidak hadir 9 orang
- Fraksi Partai Golkar: Hadir 5 orang, tidak hadir 10 orang
- Fraksi APPP: Hadir 5 orang, tidak hadir 6 orang
- Fraksi Gerindra: Hadir 1 orang, tidak hadir 9 orang
- Fraksi Demokrat: Hadir 2 orang, tidak hadir 6 orang
- Fraksi PKS: Hadir 3 orang, tidak hadir 5 orang
- Fraksi PKB: Hadir 3 orang, tidak hadir 4 orang
- Fraksi Partai Hanura: Hadir 3 orang, tidak hadir 3 orang
- Fraksi NasDem: Hadir 3 orang, tidak hadir 2 orang

Dengan demikian, jumlah yang hadir sebanyak 31 orang dan tidak hadir 54 orang. Rapat pun dipending untuk yang kedua kali sampai pukul 12.30 WIB.

Adde Rosi selaku pimpinan sidang meminta pada ketua-ketua fraksi untuk menghubungi anggotanya masing-masing, agar rapat paripurna ini bisa dilanjut.

Menanggapi hal tersebut, Gubernur Banten, Wahidin Halim meminta agar wartawan menanyakan ke DPRD Banten kenapa kondisi itu bisa terjadi.

"Kalau penundaan belum kuorum, dewan tanya, kenapa belum kuorum, nanti tunggu satu jam, kalau nggak kuorum ya nggak masalah," kata Wahidin.

Menurut dia, proses penyampaian LKPj bukan persoalan penolakan atau penerimaan, namun hanya sebatas rekomendasi. "Porsinya beda, LKPj ini kan bukan soal penolakan atau penerimaan, tapi proses rekomendasi saja," ujarnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

50 Anggota Dewan Bolos, Paripurna LKPJ Gubernur Banten Dipending 2 Kali
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top