Rabu, 08 Juli 2020 |
News Gallery - Lifestyle

5 Tips Mencegahnya Kaki dan Sepatu Bau dari Dermatologis

Sabtu, 07 Okt 2017 | 09:31 WIB Dibaca: 397 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Sepatu bau pasti jadi masalah semua orang, bukan hanya si pemilik sepatu, tapi juga orang sekitar yang menerima bau busuknya. Wah, jangan sampai kamu jadi salah satu yang mengalaminya nih.

Dermatologis Dr. Janet Prystowsky, mengungkapkan bahwa bau tak sedap dari sepatu biasanya disebabkan bakteri atau jamur yang tumbuh di sepatu dan/atau berasal dari kakimu. Bau ini muncul karena kondisi lembab, pengap di dalam sepatu, seringnya dipakai dan karena keringat yang kamu hasilnya.

"Cara terbaik agar sepatu tak bau adalah menjaga kebersihan sepatu dan kaki," sarannya.

1. Angin-anginkan sepatu
"Seringlah mengangin-anginkan sepatu dan kakimu, karena bakteri dan jamur suka sekali kondisi gelap, lembab dan pengap di dalam sepatu sehingga menyebabkan bau," ujar Dr. Prystowsky.

2. Beri waktu 'istirahat' 
Meski jadi sepatu favorit, alangkah baiknya jika tidak setiap hari dipakai. Beri jeda waktu tidak memakainya sekitar 1-2 hari agar sepatu kering dan udara di dalam sepatu berganti dengan udara bersih. Jadi pastikan kamu punya 2-3 pasang sepatu yang dipakai bergantian.

3. Hilangkan bau dengan baking soda
Belilah baking soda, bukan untuk membuat kue, tapi menghilangkan bau sepatu. Taburkan baking soda secukupnya di dalam sepatu setelah kamu memakainya. Biarkan semalaman. Kamu juga bisa menaburkannya lagi esok pagi sebelum kamu pakai. 

4. Bersihkan kaki
Jaga kaki kering dan bersih saat memakai sepatu. Mencuci kaki secara rutin, memotong kuku dan menjaga kaki kering akan sangat membantu mencegah bau. Jika tak ingin cepat bau, pakailah kaus kaki.

5. Cuci sepatu seminggu sekali
Tergantung pemakaian, jika setiap hari kamu pakai dan kakimu jenis yang gampang berkeringat, pastikan mencucinya seminggu sekali. Jika tidak begitu sering, kamu bisa mencucinya 2-3 minggu sekali.

Itu dia cara agar sepatu tak bau dan tips mencegah sepatu mengeluarkan bau tak sedap. Sebenarnya sangat sederhana kan? [vml]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

5 Tips Mencegahnya Kaki dan Sepatu Bau dari Dermatologis

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top