Selasa, 01 Desember 2020 |
Kesehatan

5 Tips Mempersiapkan Imunitas Tubuh Jelang Puasa Ramadan dengan Asupan yang Tepat

Kamis, 23 Apr 2020 | 08:13 WIB Dibaca: 501 Pengunjung

Foto Ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Bulan Ramadan sudah tinggal menghitung hari. Saatnya untuk menyusun rencana untuk memberikan waktu bagi tubuh dan jiwa berpuasa 1 bulan penuh. Nantikan akan ada banyak kebiasaan sehari-hari yang mungkin berubah saat berpuasa. Selain bangun lebih pagi untuk sahur, tubuh harus siap menjalankan aktivitas seperti biasa dan tidur lebih malam untuk melaksanakan ibadah salat tarawih setiap harinya.

Bagi sebagian orang, terkadang di awal puasa mungkin timbul rasa pusing atau migrain. Inilah sebabnya mengapa kamu perlu meluangkan waktu untuk mempersiapkan tubuh agar siap berpuasa dan terbiasa dengan pola makan dan juga rutinitas yang baru.

Melansir dari thedailycrisp, berikut beberapa hal yang dapat kamu mulai lakukan untuk mempersiapkan tubuh menyambut bulan Ramadan.

1. Mengurangi Kafein

Sebelum kamu mulai berpuasa, sekarang adalah saatnya untuk mulai mengurangi konsumsi kafein. Tidak mengkonsumsi kafein selama bulan Ramadan dapat membuat hari-hari pertama puasa menjadi terasa berat. Untuk mengantisipasinya, mulailah beralih ke minuman yang mengandung lebih sedikit kafein. Kamu dapat melakukannya secara bertahap.

2. Mengontrol Porsi Makan

Mulailah mengurangi jumlah porsi makanan secukupnya. Hal ini bertujuan agar tubuh nantinya akan terbiasa dengan prosi asupan makanan tanpa makan siang selama bulan Ramadan.

3. Kurangi Merokok

Perokok cenderung merasa lebih sulit untuk berpuasa dan berkonsentrasi. Terkadang dengan tidak merokok akan mudah tersinggung atau uring-uringan. Ada baiknya untuk mulai mengurangi jumlah rokok setiap harinya. Kamu dapat mengurangi merokok di siang hari untuk membiasakan diri saat bulan Ramdan nanti.

4. Menghidrasi Tubuh dengan Baik

Sangat penting untuk tetap terhidrasi saat sedang berpuasa. Asupan air sangat penting untuk membantu membuang racun dan mengurangi rasa lapar. Mulailah minum air putih secara teratur dan mengurangi minuman kemasan hingga soda.


5. Kurangi Camilan

Ada baiknya untuk saat ini kamu mulai mengurangi cemilan di antara jam makan. Hal ini bertujuan agar kamu membiasakan diri makan 2 kali sehari saat bulan Ramadan nanti dan tidak membuat lambung lekas lapar sebelum waktunya. [fml]

Editor: Newsmedia
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

5 Tips Mempersiapkan Imunitas Tubuh Jelang Puasa Ramadan dengan Asupan yang Tepat
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top