Kamis, 15 November 2018 |
News Gallery - Kuliner

5 Tips Agar Ketupat Tidak Cepat Basi atau Berlendir

Kamis, 07 Jun 2018 | 09:00 WIB Dibaca: 222 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Ketupat memang sangat identik dan erat kaitannya dengan momen lebaran. Cuma kadang saking banyaknya ketupat yang dibuat atau didapat, jadi tak bisa dihabiskan langsung dalam satu waktu. Sayang kan kalau ketupat jadi basi dan berlendir karena tak bisa dinikmati.

Agar ketupat tidak cepat basi atau berlendir ada sejumlah cara yang bisa dilakukan. Berikut beberapa tips yang bisa diikuti agar ketupat bisa lebih tahan lama. Yuk, langsung kita simak di sini ladies!

1. Celupkan ketupat yang baru matang ke air dingin
Dengan cara ini diyakini ketupat bisa bertahan lebih lama. Jadi ketupat yang baru matang, bisa langsung dicelupkan ke dalam air dingin atau air es selama beberapa saat. Dengan begini proses pemanasan ketupat bisa segera berhenti dan dapat dingin sempurna.

2. Ketupat digantung atau diangin-anginkan
Setelah ketupat selesai dimasak atau setelah dicelupkan ke air dingin, segera angin-anginkan agar kandungan airnya berkurang. Dengan cara ini ketupat tidak akan cepat basi. Pastinya perlu digantung di tempat yang sekiranya bersih dan bebas dari debu ya ladies.

3. Simpan ketupat dalam kulkas
Ini bisa jadi cara yang paling mudah. Menyimpan ketupat dalam kulkas bisa membuatnya lebih tahan lama. Nanti ketika mau mengonsumsi bisa tinggal dihangatkan kembali.

4. Hindari penyimpanan di tempat lembap
Disimpan di tempat lembap, ketupat bisa cepat basi. Jadi pastikan saat menyimpannya menggunakan wadah yang bersih dan tidak lembap. Sirkulasi udara juga harus baik agar ketupat tahan lama.

5. Dikukus kembali
Biasanya ketupat bisa bertahan selama 2-3 hari. Tapi jika ingin membuatnya lebih tahan lama, bisa coba dikukus di hari kedua atau ketiga untuk dikonsumsi di hari selanjutnya. Selama tidak terlalu berair, ketupat bisa tetap aman dikonsumsi.

Itu dia sejumlah tips dasar yang bisa dicoba untuk membuat ketupat lebih tahan lama dan tidak gampang basi. Atau mungkin kamu punya tips lainnya, ladies? Share di sini ya. [vml]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

5 Tips Agar Ketupat Tidak Cepat Basi atau Berlendir
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top