Kamis, 25 April 2019 |
News Gallery - Lifestyle

5 Tips Agar Badan Tetap Bugar Meski Tidur Cuma Sebentar

Sabtu, 09 Jun 2018 | 01:02 WIB Dibaca: 203 Pengunjung

Foto ilustrasi

[NEWSmedia] - Karena kesibukan atau aktivitas yang padat kadang kita harus mengorbankan beberapa jam tidur kita. Bila kita selalu kekurangan jam tidur, efeknya bisa mengganggu kesehatan tubuh. Bagaimana pun tidur adalah hal penting untuk menjaga kondisi tubuh tetap prima.

Tapi bila terpaksa hanya bisa tidur sebentar, ada beberapa tips yang bisa dicoba agar badan tetap bugar. Tips-tipsnya sebenarnya sederhana saja tapi bila bisa diikuti dengan benar nantinya akan memberi manfaat yang luar biasa. Yuk, kita simak di sini tipsnya satu per satu.

1. Tidur di ruangan yang tenang dan gelap

Tidur di ruangan gelap, produksi hormon melatonin dalam tubuh akan lebih maksimal. Sehingga kita bisa mendapat tidur yang nyenyak dan berkualitas. Ketika bangun pun tubuh bisa lebih segar.

2. Dua jam sebelum tidur jangan makan berat

Maksimalkan tubuh untuk mengistirahatkan diri saat tidur. Jangan membebaninya dengan membuat sistem pencernaan harus bekerja keras dengan makanan yang kita konsumsi. Disarankan setidaknya dua jam sebelum tidur kita tak makan berat.

3. Melakukan olahraga ringan di siang hari

Luangkan waktu 10-15 menit untuk melakukan olahraga ringan. Dengan olahraga singkat ini tubuh bisa terasa lebih segar dan tidak gampang capek meski tidur cuma sebentar.

4. Jangan main gadget sebelum tidur

Pokoknya satu jam sebelum tidur, jauhkan berbagai jenis gadget dari tempat tidurmu. Paparan sinar biru dari layar gadget bisa mengganggu kualitas tidurmu. Lakukan hal lain yang bisa memberi efek lebih rileks seperti membaca buku.

5. Jangan minum kopi atau minuman berenergi enam jam sebelum tidur

Meski kamu hanya punya waktu beberapa jam saja untuk tidur, usahakan kamu punya jadwal tidur yang pas setiap harinya. Sehingga kamu bisa mengondisikan diri untuk tidak minum kopi atau minuman berenergi enam jam menjelang tidur. Sebagai gantinya, air putih bisa lebih menyehatkan.

Imbangi juga dengan mengonsumsi makanan sehat dan olahraga ringan untuk menyeimbangkan kondisi tubuh agar tetap sehat meski kurang tidur. Semoga infonya bermanfaat. [vml]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

5 Tips Agar Badan Tetap Bugar Meski Tidur Cuma Sebentar

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top