Minggu, 25 Februari 2018 |
Kesehatan - News Gallery - Lifestyle

5 Tanda Mengindikasikan Seseorang Mengalami Hipertensi

Selasa, 13 Feb 2018 | 09:29 WIB Dibaca: 251 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Apa perasaan Anda jika orang terdekat atau kerabat meninggal secara mendadak karena sakit, padahal sebelumnya baik-baik saja? Tentu rasanya sangat sedih. Penyakit yang tergolong silent killer memang bisa berakibat fatal bila tidak disadari dengan segera dan mendapatkan penanganan yang tepat.

Banyak penyakit yang diam-diam mematikan, salah satunya adalah tekanan darah tinggi atau hipertensi. Bahkan, banyak orang yang tidak menyadari jika memiliki penyakit ini. Padahal, hipertensi dapat menyebabkan stroke, serangan jantung, penyakit kardiovaskular lain, hingga kematian.

Melansir Express, Senin (12/2/2018), penyakit hipertensi biasanya terjadi pada orang-orang dengan usia di atas 65 tahun. Akan tetapi, sekarang ini banyak juga orang-orang yang di usia produktif yang sudah memiliki tekanan darah tinggi. Hal itu dikarenakan gaya hidup yang mereka jalani seperti diet tinggi garam, kurang beraktivitas fisik, sulit mengendalikan emosi, dan obesitas.

Gejala penyakit hipertensi memang sulit dikenali. Untuk mendeteksinya diperlukan pemeriksaan tekanan darah secara rutin. Akan tetapi, ada tanda-tanda khusus yang harus diwaspadai karena bisa jadi itu mengindikasikan kondisi hipertensi yang parah.

Lima tanda seseorang mengalami hipertensi ekstrem antara lain nyeri dada, sakit kepala, dengungan menyakitkan di telinga, mimisan, dan masalah penglihatan seperti buram atau kabur. Bila Anda sering mengalami gejala tersebut, penting bagi Anda untuk mengunjungi dokter. Sebab bisa jadi Anda mengalami krisis hipertensi.

Krisis hipertensi dapat membuat gejalanya berkembang atau berlanjut ke tingkat yang berbahaya. Kondisi ini bisa dikatakan keadaan darurat medis dan meningkatkan peluang terjadinya stroke maupun serangan jantung. Selain berkonsultasi dengan dokter, olahraga teratur, cukup tidur, serta konsumsi buah dan sayuran bisa menurunkan risiko hipertensi. [okz]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

5 Tanda Mengindikasikan Seseorang Mengalami Hipertensi
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top