Jumat, 04 Desember 2020 |
Pariwisata - News Gallery

5 Surga Diving Indonesia Destinasi Favorit Turis Asing

Jumat, 11 Mei 2018 | 17:03 WIB Dibaca: 661 Pengunjung

Kepulauan Derawan.*

[NEWSmedia] - Indonesia menjadi salah satu tempat yang paling diminati oleh wisatawan asing untuk melakukan berbagai aktivitas menyelam. Hal ini tak lepas dari anugerah Indonesia yang memiliki perairan laut yang tenang dan hangat.

Keindahan batu karang dan beragam spesies biota laut menjadi daya tarik untuk menyelam menjelajahi dunia bawah laut. Indonesia pun memiliki banyak destinasi wisata maritim yang telah terkenal di dunia. Berikut ini rangkuman lima wisata bawah laut di Indonesia yang populer di kalangan masyarakat dunia yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Raja Ampat

Raja Ampat memang telah dikenal karena kecantikan pasir putih, laguna, gua-gua dan perairan pirus berwarna biru kehijauan.

Bukan hanya itu saja, daya tarik lain dari kepulauan ini adalah beragamnya satwa yang melimpah di sini. Seperti beberapa spesies burung cendrawasih yang menari di pepohonan dan keanekaragaman kehidupan laut dan sistem terumbu karang yang merupakan lokasi impian para penyelam.

2. Bunaken

Bunaken menjadi salah satu tempat yang memiliki ekosistem terumbu karang yang paling beragam dimana tercatat sekitar 2.000 spesies ikan tropis dan 390 jenis karang yang ada di sana.

Dilansir laman Asiaone,  di Bunaken terdapat beberapa spiesies binatang laut mulai dari kura-kura hijau, hiu karang bersisik, dan beberapa ikan warna-warni mulai dari oranye, biru dan merah jambu.

Tak hanya sampai di situ, ketika kita menyelam di kedalaman 2 meter jika beruntung kita akan menemukan ikan Napolen yang berwarna hijau atau biru yang dengan cepat berenang ke atas dan ke bawah, atau jika beruntung lagi kalian juga dapat menemukan beberapa ikan hiu ramping di sana.

3. Kepulauan Derawan

Derawan menjadi salah satu destinasi incaran bukan hanya saja bagi wisatawan mancanegara tapi juga bagi para wisatawan nusantara khususunya bagi para pecinta dunia bawah laut. Keanekaragaman biota laut, pasir putih dan kejernihan airnya membuat tempat ini menjadi primadona.

Derawan sendiri merupakan rumah bagi beberapa jenis hiu, di sini wisatawan dapat menemukan setidaknya 460 jenis karang dan lebih dari 870 jenis ikan, termasuk kuda laut kerdil. Jika beruntung wisatawan dapat menyaksikan segerombolan manta lewat ketika kalian tengah diving.

Selain melakukan kegiatan menyelam, wisatawan pun dapat menyaksikan pemandangan penyu yang bertelur di pinggir pantai, sebab di tempat ini juga menjadi rumah bagi kura-kura hijau langka dan penyu sisik.

4. Pulau Komodo
Tempat ini tidak hanya terkenal sebagai rumah bagi hewan endemik asli Indonesia, Komodo saja. Pulau ini juga menjadi salah satu tempat menyelam terbaik selain Raja Ampat di bagian timur Indonesia. Ada beberapa destinasi terbaik yang bisa dimasukkan sebagai daftar liburan kalian.

Batu Bolong - 'Hollow Rock' adalah puncak yang terletak di 75 meter air antara Tatawa ke timur dan pulau utama Komodo di sebelah barat. Ini adalah salah satu tempat menyelam khas Komodo di utara karena kehidupan ikan di sini beragam. Dari daerah perairan yang lebih dalam wisatawan dapat melihat ikan Napoleon wrasse dan hiu karang whitetip dan Penyu sisik.

Canibal rock terletak di sebelah selatan Pulau Rinca, sebelah timur Komodo, dan 1 km di lepas pantai utara Nusa Tenggara. Wisatawan dapat melihat keragaman kehidupan laut yang fenomenal begitu Anda memasuki air. Ini adalah situs menyelam kelas dunia yang benar-benar dan salah satu yang terbaik di daerah ini.

Gili Lawa, adalah tempat menyelam yang sangat bagus dan topografi yang sangat mirip dengan GPS Point yang terkenal.

GPS Point - Terletak di sebelah timur laut Pulau Gili Banta, 10 km timur laut Komodo, GPS Point yang terkenal adalah suatu yang dianggap sebagai tempat menyelam terbaik di utara Komodo. Banyak ikan dan sering berkerumun dengan tuna dogtooth, dan kuda laut besar dan surgeonfish.

Manta Alley, ini adalah lokasi utama di Komodo untuk mencari pari manta - seringkali sebanyak 10 atau 20.

5. Tulamben, Bali
Tulamben, cukup populer di kalangan wisatawan asing. Sebab Tulamben memiliki kekayaan biota laut yang ditawarkan, ditambah dengan bangkai Kapal USS Liberty yang sangat mudah diakses.

Di sini Anda akan menemukan siput laut, kepiting dan udang, ghost pipefish dan pygmy seahorse sampai yang besar seperti hiu, ikan Mola mola, dan lain lain.

Beberapa spot menyelam terbaik di sini selain bangkai kapal ada Tulamben Wall (Drop Off). Wall yang dasarnya di kedalaman sekitar 60-70 meter ini menjadi ajang ujian bagi para penyelam technical. Pada kedalaman ini para penyelam akan menemukan beberapa hewan-hewan bawah air yang berukuran besar seperti hiu karang ataupun hiu martil. Di bagian atas, terumbu karang warna-warni menjadi perpaduan yang menarik dengan ikan serta mahluk-mahluk laut yang berwarna-warni.

Tidak hanya itu, situs penyelaman lainnya yang populer di sini adalah Suci's Place" yang terletak di kedalaman 9 meter hingga 17 meter di bawah permukaaan laut.

Suci's Place merupakan sebuah taman dengan patung-patung seperti "Buddha" dan ibunya, Dewi "Dewi Tara", serta berbagai artefak lain yang berbeda. Dive spot ini sering dijumpai berbagai macam jenis ikan, murane, cleaner fish, serta hewan laut lainnya sebagai habitat, tempat tinggal baru. [viva]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

5 Surga Diving Indonesia Destinasi Favorit Turis Asing
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top