Rabu, 24 April 2019 |
News Gallery - Kuliner

5 Penyedap Rasa Alami Ini bisa Menggantikan MSG

Sabtu, 09 Mar 2019 | 19:26 WIB Dibaca: 2520 Pengunjung

Terasi.*

[NEWSmedia] - Menghindari penggunaan terlalu banyak MSG atau vetsin? Mungkin sahabat Fimela butuh referensi penyedap alami yang bisa menggantikan penyedap rasa buatan. Meski memang tak bayak, namun sebenarnya sekian makanan ini sangat bisa jadi penyedap alami.

1. Terasi

Meski banyak orang tak suka dengan bau terasi yang menyengat ternyata terasi bisa jadi pengganti penyedap rasa buatan. Namun tidak semua maskaan bisa dicampurkan terasi, hanya beberapa makanan saja yang memang cocok diberi penyedap berupa terasi.

2. Udang rebon

Udang rebon juga hampir sama dengan ebi, ini biasanya jadi bahan terasi. Aromanya yang sedap dapat menggantikan MSG. Cukup dihaluskan atau disangrai agar keluar aroma sedapnya.

3. Ebi

Ebi adalah udang yang dikeringkan yang memiliki aroma ikan laut yang sedap dan khas. Ukurannya yang kecil bisa langsung dimasukkan begitu saja ke dalam masakan, atau disangrai dan dihaluskan dulu jika ingin rasa gurihnya lebih keluar. Ebi umumnya jadi penyedap masakan tumis.

4. Bawang

Baik bawang putih, merah maupun bombay sebenarnya sudah bisa menjadi penyedap masakan tanpa MSG atau vetsin. Bawang sudah memberi aroma sedap dan gurih yang dibutuhkan setiap masakan. Ini adalah bumbu alami yang sebenarnya tidak bisa dikalahkan penyedap buatan. Tambahkan lebih banyak bawang untuk memperkuat rasa.

5. Kaldu

Kaldu ayam, daging, udang maupun kaldu yang dibuat dari sayuran juga sangat ampuh jadi penyedap rasa alami yang mampu menguatkan rasa dan membawa rasa gurih yang spesial. Buat kaldu alami dengan cara merebus daging ayam, udang, sapi dan lainnya.

Itu dia sekian penyedap alami masakan yang bisa menggantikan MSG. Sebenarnya jika bisa memanfaatkan bumbu dapur dengan baik, sahabat Fimela tak butuh MSG sama sekali.[vml]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

5 Penyedap Rasa Alami Ini bisa Menggantikan MSG

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top