Kamis, 29 Oktober 2020 |
Kesehatan - News Gallery

5 Penyebab Serangan Jantung Ini Sering Terjadi Namun Jarang Disadari

Kamis, 08 Mar 2018 | 09:33 WIB Dibaca: 520 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Serangan jantung merupakan masalah kesehatan yang paling menakutkan di dunia. Serangan jantung bahkan menjadi pembunuh nomor satu di dunia baik bagi pria maupun wanita. Lebih mengerikan lagi, para ahli menyebutkan bahwa serangan jantung memiliki risiko lebih tinggi pada wanita dibandingkan dengan pria.

Dilansir dari laman boldsky.com, wanita yang sebelumnya memiliki riwayat diabetes, gagal ginjal, obesitas, depresi, stroke maupun gagal ginjal akan memiliki risiko serangan jantung berkali-kali lipat lebih besar dibandingkan wanita lainnya. Adapun penyebab dari risiko serangan jantung sendiri antara lain adalah sebagai berikut.

Menstruasi Sebelum Usia 12 Tahun

Peneliti menyebutkan bahwa wanita-wanita yang mengalami menstruasi pertama kali di usia sebelum 12 tahun, risiko terkena serangan jantungnya akan lebih besar. Penelitian ini berkaitan erat dengan produksi estrogen dalam diri seseorang di mana estrogen ini meningkatkan risiko penggumpalan darah maupun stroke.

Terlalu Sering Flu

Apakah kamu termasuk seseorang yang sering terkena flu? Jika iya, kamu perlu untuk lebih hati-hati, perbaiki lagi pola hidup dan pastikan konsumsi vitamin C cukup untuk menjaga daya tahan tubuh. Para ahli mengungkapkan bahwa terlalu sering flu bisa menjadi tanda atau gejala dari risiko serangan jantung. Virus dan bakteri yang menyerang tubuh saat flu bisa dengan mudah masuk ke jantung dan meningkatkan risiko serangan jantung.

Konsumsi Obat Diet

Beberapa obat diet memiliki efek samping meningkatkan risiko serangan jantung. Jika seseorang terlalu sering mengonsumsi obat diet, dikhawatirkan ini akan berpengaruh pada kesehatan jantung. Tak hanya itu saja, konsumsi obat diet dalam waktu lama bisa menyebabkan kerusakan jantung permanen.

Patah Hati Berkepanjangan

Patah hati adalah salah satu moment yang begitu menguras emosi, menurunkan daya tahan tubuh hingga rentan meningkatkan risiko depresi. Tak hanya itu saja ladies, baru-baru ini penelitian menyebutkan bahwa patah hati juga bisa meningkatkan risiko serangan jantung hingga menyebabkan kematian.

Konsumsi Minuman Beralkohol

Minuman beralkohol memiliki dampak buruk buat kesehatan. Ini juga bisa meningkatkan risiko serangan jantung. Tak hanya itu saja, konsumsi minuman beralkohol dalam jumlah banyak dan waktu yang lama, ini bisa meningkatkan berbagai risiko penyakit mematikan lain seperti stroke, kanker, diabetes hingga kerusakan hati.

Ladies, itulah sedikitnya lima penyebab serangan jantung yang sering terjadi namun jarang disadari. Agar kita senantiasa memiliki jantung sehat, pastikan untuk memiliki pola hidup sehat, tetap sabar dna tenang melewati segala masalah, olahraga cukup, istirahat dan minum air putih cukup. Semoga informasi ini bermanfaat. [ksc]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

5 Penyebab Serangan Jantung Ini Sering Terjadi Namun Jarang Disadari
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top