Jumat, 10 April 2020 |
Kesehatan - News Gallery

5 Penyakit Ini Sering Disalahartikan karena Penyebutannya

Selasa, 23 Okt 2018 | 06:35 WIB Dibaca: 272 Pengunjung

Foto ilustrasi

[NEWSmedia] - Setiap orang pasti pernah mengalami sakit. Terlebih di tengah kondisi lingkungan seperti sekarang ini membuat muncul beberapa penyakit baru yang kurang familiar. Tapi kali ini kita tidak akan membahas mengenai penyakit baru melainkan penyakit yang sudah ada tapi salah dimengerti.

Pada kenyataannya masih banyak masyarakat yang salah menyebut nama penyakit. Salah satu penyebabnya karena sebutan tersebut sudah digunakan secara turun temurun dan tidak dikoreksi. Apakah saja itu? Simak ulasannya berikut ini.

1. Maag

Bagi Anda yang memiliki pola makan tidak teratur biasanya terkena penyakit yang menyerang lambung. Banyak masyarakat yang menyebutnya maag. Padahal dalam bahasa latin maag berarti lambung. Sedangkan penyakit yang dimaksud yaitu rasa tidak nyaman atau sakit karena telat makan,disebabkan oleh peradang pada lambung dan disebut gastritis.

2. Paru-paru basah

Banyak masyarakat yang mengartikan bila peradangan pada paru-paru karena dipenuhi cairan adalah paru-paru basah. Penyakit ini bisa berakibat fatal bila terlalu banyak cairan yang ada di paru-paru. Hanya saja istilah yang benar untuk kondisi ini adalah pneumonia yaitu radang pada salah satu paru atau bisa kedua paru.

3. Flu tulang

Pada saat suhu tubuh meningkat dan persendian terasa nyeri kebanyakan orang menyebutnya itu adalah flu tulang. Tapi istilah tersebut sebenarnya tidak dikenal dalam dunia medis. Gejala ini mirip dengan penyakit yang disebut Chikungunya. Penyebab penyakit ini adalahalphavirus yang ditularkan melalui nyamuk Aedes aegypti.

4. Masuk angin

Selama ini apabila tubuh tiba-tiba demam, pilek, dan badan pegal diartikan sebagai masuk angin. Padahal angin tidak bisa masuk ke tubuh. Kondisi itu lebih tepat disebut dengan istilah catch cold atau common cold. Penyakit ini memang bisa terjadi apabila seseorang kurang tidur, terlambat makan, kehujanan atau terkena udara dingin.

5. Angin duduk

Pada saat tubuh mengeluarkan keringat dingin dan terasa nyeri di sekitar jantung, bahu, tangan, leher, rahang, atau punggung, banyak orang yang menyebut kondisi ini sebagai angin duduk yang hampir mirip seperti demam. Dulu ada mitos bila angin duduk tidak boleh diatasi dengan kerokan karena bisa menyebabkan kematian. Padahal itu adalah pemahaman yang salah kaprah. Angin duduk sebenarnya serangan jantung yang bila tidak diatasi dengan cara tepat menyebabkan aliran darah dan oksigen ke jantung berkurang. [okz]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

LAINNYA

Cara Ibu Hamil Dapat Lindungi Diri dari COVID-19
Rabu, 08 Apr 2020 | 23:14 WIB
Cara Ibu Hamil Dapat Lindungi Diri dari COVID-19
Tips Sederhana agar Tidur Lebih Cepat
Jumat, 03 Apr 2020 | 21:16 WIB
Tips Sederhana agar Tidur Lebih Cepat

KOMENTAR

5 Penyakit Ini Sering Disalahartikan karena Penyebutannya

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top