Rabu, 08 Juli 2020 |
Olahraga - News Gallery

5 Pemain Terbaik Italia Sepanjang Sejarah

Selasa, 25 Jun 2019 | 07:21 WIB Dibaca: 632 Pengunjung

Franco Baresi.*

[NEWSmedia] - talia merupakan salah satu negara sepakbola terbaik di dunia. Meski dalam satu dekade terakhir performa Timnas Italia dan kualitas liga mereka sedang melorot, namun pada medio 90-an Italia merupakan kiblat persepakbolaan dunia.

Ketangguhan Timnas Italia sebenarnya telah terbukti dengan empat gelar juara Piala Dunia dan satu Piala Eropa yang mereka raih. Keberhasilan Italia tersebut tentunya tak lepas dari kontribusi para pemain hebat yang ikut ambil bagian di dalamnya. Berikut ini adalah lima pemain terbaik Italia sepanjang sejarah.

5. Gianluigi Buffon
Tak ada yang membantah bahwa pada masanya Gianluigi Buffon merupakan penjaga gawang terbaik di dunia. Bahkan, eksistensi Buffon sebagai penjaga gawang terbaik telah dibuktikannya sejak ia masih muda hingga usianya mendekati 40 tahun.

Buffon juga memegang rekor sebagai penjaga gawang termahal di dunia saat dibeli Juventus dari AC Parma pada musim panas 2001 dengan harga 52,88 juta euro. Rekor tersebut baru bisa dipatahkan musim panas lalu kala Chelsea menebus Kepa Arrizabalaga dari Athletic Bilbao dengan mahar 72 juta pounds.

Sebagai seorang pemain, Buffon telah memenangkan berbagai gelar juara, dari mulai kompetisi domestik Liga Italia hingga gelar juara Piala Dunia. Hanya trofi Liga Champions saja gelar juara bergengsi yang belum bisa didapat Buffon.

4. Paolo Maldini
Dalam dunia sepakbola, Paolo Maldini erat dikaitkan sebagai simbol kesetiaan. Pasalnya, selama berkarier sebagai seorang pesepakbola, Maldini hanya membela satu klub saja, yakni AC Milan. Kendati demikian, bersama Milan, Maldini telah banyak meraih gelar juara.

Dari total tujuh gelar Liga Champions yang dimiliki Milan, lima di antaranya mereka raih saat bersama Maldini. Selain itu, kombinasi mereka juga menghasilkan gelar juara Liga Italia, Coppa Italia, Piala Super Eropa, hingga juara Piala Dunia Klub. Sebagai seorang bek, Maldini dikenal solid dalam menggalang pertahanan, yang mana menjadikannya sebagai salah satu bek terbaik sepanjang sejarah sepakbola.

3. Franco Baresi
Selain Paolo Maldini, AC Milan juga memiliki legenda lainnya yang menjadi simbol tim, yakni Franco Baresi. Kedua pemain tersebut sejatinya adalah duet pertahanan yang tangguh kala mereka bermain bersama pada medio 90-an.

Bersama Milan, Baresi telah memenangkan tiga gelar juara Liga Champions dan enam trofi Liga Italia. Berbeda dengan Maldini yang tak bisa merasakan manisnya gelar juara Piala Dunia, Baresi berhasil membawa Gli Azzurri memenangkan turnamen tersebut pada 1982. Sebagai seorang bek, Baresi dikenal sebagai pemain bertahan paling bersih sepanjang sejarah karena ia sangat sedikit membuat pelanggaran.

2. Roberto Baggio
Italia merupakan negara yang terkenal menghasilkan para pemain bertahan dan penjaga gawang top dunia. Kendati demikian, bukan berarti sektor gelandang dan lini serang mereka kalah dari negara lain. Roberto Baggio adalah contoh nyata betapa berbahayanya permainan menyerang yang dimiliki Italia.

Meski berposisi sebagai gelandang serang, namun Baggio juga bisa ditempakan sebagai second striker. Pasalnya, meski kerap mengemban tugas sebagai playmaker, namun Baggio juga tak jarang membobol gawang lawan. Pada 1993 Baggio mendapat penghargaan trofi Ballon d’Or.

1. Gianni Rivera
Gianni Rivera merupakan sosok yang disebut-sebut sebagai pesepakbola Italia terbaik sepanjang sejarah. Aktif bermain sejak medio 1958-1979, Rivera dinilai telah menginspirasi para pesepakbola Italia di generasi berikutnya.

Sepanjang kariernya sebagai pesepakbola, Rivera telah memenangkan dua gelar juara Liga Champions, tiga trofi Liga Italia, dan lima Piala Super Italia. Kesemuanya itu ia raih bersama satu klub saja, AC Milan. Sedangkan di level tim nasional, ia mengantarkan Gli Azzurri menjuarai Piala Eropa 1968. [okz]

Editor: Newsmedia
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

5 Pemain Terbaik Italia Sepanjang Sejarah
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top