Selasa, 04 Agustus 2020 |
Kesehatan - Lifestyle

5 Manfaat Luar Biasa Jalan Kaki 15 Menit Tiap Hari

Rabu, 13 Sept 2017 | 01:05 WIB Dibaca: 574 Pengunjung

Foto ilustrasi

[NEWSmedia] - Ada satu cara efektif untuk menjaga kebugaran tanpa perlu mengeluarkan biaya mahal untuk alat olahraga, atau membayar keanggotaan di pusat kebugaran. Sebuah studi Universitas Harvard menemukan bahwa berjalan kaki selama 15 menit setiap hari, bisa menambah panjang umur Anda.

Berikut, data ilmiah dari beberapa studi yang dilakukan di seluruh dunia yang menunjukkan manfaat dari berjalan.

1. Tulang lebih kuat

Jika Anda berusia 30-an, atau mendekati usia ini, ingatlah bahwa tulang Anda akan mulai menipis di usia ini. Massa tulang yang rendah membuat Anda rentan mengalami gangguan tulang. Tetapi, dengan berjalan dapat membantu Anda meningkatkan kepadatan tulang.

2. Membakar kalori tubuh

Sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas of Tennessee mengklaim bahwa wanita yang memilih berjalan sebagai olahraganya, memiliki lemak tubuh yang lebih sedikit dibanding wanita yang berolahraga berat. Hasil ini akan lebih terlihat pada wanita di kelompok usia 40-66 tahun.

3. Meningkatkan mood

American Psychological Association melakukan beberapa eksperimen pada sejumlah mahasiswa dan menemukan bahwa berjalan memberikan peningkatan mood yang positif pada diri mereka. Dan, hasil ini bisa dicapai dalam 12 menit berjalan saja.

4. Meningkatkan kreativitas

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas Stanford, berjalanlah yang bisa meningkatkan kreativitas daripada hanya duduk. Jadi, lain kali Anda tengah mencari ide kreatif untuk presentasi klien, Anda sudah tahu apa yang harus dilakukan.

5. Menajamkan pikiran

Sebuah studi di Frontiers of Agung menyatakan bahwa ketika Anda berjalan, ada koordinasi dan konektivitas yang lebih baik antara beberapa bagian otak Anda. Berjalan juga menjaga Anda tetap terlindung dari gangguan mental yang berhubungan dengan usia.

Ada sebuah praktik berjalan di Jepang, yang disebut dengan mandi hutan, di mana orang berjalan menyusuri hutan untuk menyatu dengan alam dan menenangkan pikiran mereka. Praktik ini membantu mereka mengatasi depresi dan menenangkan diri. Tidak perlu khawatir, jika lingkungan Anda tidak ada hutan, taman pun sama bagusnya.

Meski berjalan lambat tidak memberikan manfaat yang signifikan dibanding berjalan cepat dengan ritme yang stabil, tetapi jangan menyerah, tetaplah berjalan terus dan terus. [viva]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

5 Manfaat Luar Biasa Jalan Kaki 15 Menit Tiap Hari
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top