Minggu, 13 Juni 2021 |
News Gallery - Tekno

5 Langkah Penting Amankan WhatsApp Setelah Smartphone Hilang

Sabtu, 10 Mar 2018 | 13:00 WIB Dibaca: 661 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Smartphone hilang jatuh atau dicuri orang memang nasib yang apes. Pengguna bisa kehilangan kontak di WhatsApp, aplikasi perpesanan yang kini populer dipakai. 

Smartphone hilang berarti kehilangan kendali atas WhatsApp pengguna. Beruntung jika pengguna telah mem-backup riwayat percakapan menggunakan Google Drive, iCloud dan layanan lainnya sebelum smartphone hilang. Setidaknya pengguna bisa lega data mereka aman. 

Namun lain halnya, jika tidak melakukan backup sebelum smartphone hilang. Nah, untuk mengamankan akun WhatsApp Anda pada smartphone yang hilang, bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satu hal penting, saat smartphone hilang, segera mungkin mengontak tim WhatsApp. Langkah lainnya yakni memastikan kartu SIM Anda dinonaktifkan. 

Berikut beberapa langkah yang harus dilakukan untuk mengamankan data WhatsApp Anda saat smartphone hilang, dikutip dari Gadgetsnow: 

1. Kunci kartu SIM

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengunci kartu SIM pada smartphone Anda yang hilang. Caranya yakni mengontak provider kartu SIM Anda.

Dengan mengontak provider, maka menutup langkah dari orang tak bertanggung jawab untuk masuk ke akun WhatsApp pada smartphone Anda yang tercuri atau hilang. Begitu kartu SIM nonaktif, maka orang yang mengendalikan smartphone Anda tidak bisa seenaknya menggunakan akun Anda. 

2. Hidupkan lagi WhatsApp 

Begitu sudah menonaktifkan kartu SIM pada smartphone Anda yang hilang, maka segeralah mengaktifkan WhatsApp pada perangkat mobile yang lain. 

Caranya pakai kartu SIM dengan nomor seluler yang sama pada smartphone yang hilang. Ini memang cara ringkasnya. Namun dalam hal kartu SIM baru untuk nomor lama butuh beberapa waktu membuatnya, maka sabar menunggunya sebab tak ada pilihan lain. Ingat, WhatsApp hanya dapat diaktifkan pada satu perangkat dengan satu nomor saja. 

3. Kontak segera tim WhatsApp

Langkah lain yang penting yakni segera kontak tim WhatsApp melalui email. Jika ya, pastikan sertakan kalimat penegas dalam badan email berupa: 'Lost/stolen: Deactivate my account'. Kalimat ini untuk menarik perhatian tim WhatsApp dan bertindak segera. 

Jangan lupa juga, dalam laporan ke email, sertakan nomor seluler Anda yang ada pada smartphone hilang, disertai dengan kode negara. Untuk Indonesia kode negaranya  +62 ya. Catat lho. 

4. WhatsApp bisa aktif dengan WiFi

Ingatlah, WhatsApp bisa aktif tanpa kartu SIM di dalamnya. Sebab dengan memakai WiFi maka orang yang menguasai perangkat Anda bisa mengendalikan akun pada smartphone yang hilang.

Untuk itu pentingnya mengontak tim WhatsApp agar menonaktifkan WhatsApp Anda. Langkah ini perlu dilakukan, sebab menonaktifkan WhatsApp tidak bisa dilakukan dari perangkat lain. 

5. Manfaatkan waktu 30 hari

Pengguna punya waktu 30 hari untuk mengaktifkan kembali akun WhatsApp, dalam hal smartphone hilang. Lewat dari sebulan, akun WhatsApp akan sepenuhnya terhapus. [viva]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

5 Langkah Penting Amankan WhatsApp Setelah Smartphone Hilang
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top