Kamis, 25 April 2019 |
News Gallery - Lifestyle

5 Kesalahan Pakai Skincare yang Justru Merusak Kulit Wajah

Selasa, 22 Jan 2019 | 16:27 WIB Dibaca: 397 Pengunjung

foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Skincare adalah salah satu produk perawatan yang tidak bisa dipisahkan dari cewek. Bentuknya beragam; mulai dari face wash, toner, masker, eksfoliator, moisturizer, dsb. Produk perawatan ini cukup andil dalam menjaga kulit wajah supaya tetap sehat dan terawat. Meski begitu, masih banyak yang salah pilih atau keliru dalam mengaplikasikan skincare. Bukannya makin kinclong, muka justru tambah berjerawat atau mengalami masalah kulit lain. 

Sebelum salah langkah dalam memakai skincare, yuk perhatikan 5 kesalahan yang kerap dilakukan dalam pengaplikasian skincare berikut ini!

1. Memakai produk yang kurang sesuai jenis kulit
Tidak setiap produk yang beredar saat ini cocok dengan jenis kulit wajah yang kamu punya. Salah satu kesalahan fatal yang kerap dilakukan cewek adalah menjajaki setiap jenis produk yang lagi happening tanpa memerhatikan kandungan di dalamnya.

Boleh jadi produk itu cocok untuk jenis kulit muka normal, namun jika kulitmu cenderung kering atau berminyak hal ini perlu diperhatikan. Kebiasaan salah karena asal coba skincare bakal menimbulkan masalah baru seperti munculnya breakout atau bruntusan, terlebih ketika jenis kulit muka cenderung sensitif.

2. Melupakan proses eksfoliasi
Eksfoliasi berfungsi mengangkat sel-sel kulit mati di wajah untuk digantikan dengan sel kulit yang baru. Kamu yang barangkali punya bekas jerawat, masalah kulit kusam, atau komedo yang membandel perlu rutin melakukan eksfoliasi.

Jika kamu melewatkan langkah ini, bekas jerawat dan noda hitam akan tinggal lebih lama di kulit dan susah memudar. Jangan lupa juga untuk memilih produk eksfoliasi yang punya kandungan aman bagi setiap jenis kulit ya!

3. Kerap gonta-ganti produk skincare
Satu hal yang kerap dilanggar cewek dalam memilih skincare adalah ketika terlalu sering mengganti produk. Padahal setiap produk punya takaran waktu berbeda dalam memberikan hasil untuk wajah. Begitu juga ketika kamu menggunakan skincare tanpa bantuan atau konsultasi dokter, ini akan membuatmu kesulitan menentukan produk yang cocok dan pada ujungnya gonta-ganti produk tanpa tahu mana yang tepat.

Sering berganti skincare juga membuat wajah bekerja dua kali dalam beradaptasi dengan produk baru. Jadi, sebaiknya mulai menggunakan satu jenis produk saja jika dirasa sudah cocok dan aman. 

4. Tidak memakai sunblock dan pelembab dengan rutin
Sunblock atau tabir surya adalah salah satu produk yang sangat penting untuk melindungi dari paparan sinar matarahari dan debu. Ketika kamu sengaja melupakan tahap ini saat keluar ruangan atau pun sebelum makeup, kemungkinan peluang masuknya kotoran ke wajah akan lebih tinggi.

Begitu juga dengan pelembab, usahakan setiap hari kamu memakai pelembab agar Ph kulit wajah tetap terjaga. Banyak produk skincare yang mengeluarkan moisturizer dengan kandungan baik untuk menyehatkan dan mencerahkan kulit muka. 

5. Tidak membersihkan muka secara benar sebelum memakai produk skincare
Membersihkan muka dari sisa kotoran dan makeup yang menempel kerap diabaikan sebelum pakai skincare. Padahal muka yang bersih baik dari jerawat maupun kotoran  penting untuk memperoleh hasil maksimal sebelum pemakaian. Usahakan melakukan double cleansing dan pastikan kulit tidak dalam keadaan terlalu kering atau berminyak. Perhatikan pula jenis face wash yang kamu gunakan, jika dirasa terlalu kering kamu bisa melembapkannya dengan toner.

Kesalahan memakai skincare justru akan menghilangkan fungsi awal produk kecantikan ini sebagai perawatan kulit wajah supaya tetap sehat dan berseri-seri. Sebelum kulit wajah bermasalah, kamu sudah harus menghilangkan kebiasaan seperti tadi ya, girls. [idn]

Editor: Newsmedia
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

5 Kesalahan Pakai Skincare yang Justru Merusak Kulit Wajah

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top